Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Kata Ridwan Kamil soal Penggusuran Tamansari Bandung yang Ricuh

Minggu, 15 Desember 2019 – 12:30 WIB
Begini Kata Ridwan Kamil soal Penggusuran Tamansari Bandung yang Ricuh - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Antara

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil mengatakan, wilayah di RW 11 Lelurahan Tamansari, Kota Bandung, yang baru digusur akan dibangun Rumah Deret.

Menurut Emil, program penataan kawasan kumuh Tamansari tersebut sudah diinisiasi sejak tahun 2007 atas program pemerintah pusat melalui Kementerian Perumahan Rakyat saat itu.

"Program yang dibiayai oleh APBD ini bermaksud membangun unit hunian yang lebih sehat, lebih manusiawi dan lebih banyak sehingga memberi kesempatan warga Kota Bandung lainnya yang masih tinggal di kawasan kumuh, untuk bisa tinggal di Tamansari dengan harga terjangkau. Sungguh niat yang sesungguhnya prorakyat kecil," kata dia.

Proses terkait program penataan kawasan kumuh Tamansari dilanjutkan finalisasinya oleh dirinya saat menjadi Wali Kota Bandung terdahulu dan sekarang dieksekusi oleh Wali Kota Oded M. Danial.

Emil mengatakan, Wali Lota Bandung Oded M Danial sudah beriktikad baik dengan menemui langsung warga terdampak dan memberikan solusi.

Warga sejatinya akan diberi kontrakan selama setahun, selama pembangunan berlangsung, seperti halnya mayoritas 176 warga yang sudah pindah sementara terlebih dahulu untuk nanti balik lagi.

Jika pembangunan selesai, maka para warga penyewa lahan negara tersebut akan kembali ke area milik negara tersebut dan mendapatkan hak mendapatkan unit hunian yang lebih luas, lebih sehat, jauh dari kekumuhan dan lebih manusiawi.

Dialog demi dialog sudah dilakukan dan hasilnya 90 persen atau 176 warga Tamansari Kota Bandung setuju dan mendukung, karena mereka paham bahwa mereka akan kembali lagi ke tempat masa kecilnya itu.

Ridwan Kamil mengatakan wilayah RW 11 Lelurahan Tamansari, Kota Bandung akan dibangun rumah deret.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close