Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Belanda Berdukacita Atas Kecelakaan di Sungai Sebangau

Selasa, 10 Maret 2020 – 09:24 WIB
Belanda Berdukacita Atas Kecelakaan di Sungai Sebangau - JPNN.COM
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, dua orang warga Belanda dirawat di sebuah rumah sakit di Palangkaraya, lantaran kecelakaan yang melibatkan dua kapal cepat di Sungai Sebangau, Kalimantan Tengah, Senin (9/3) siang.

Kedua WN Negeri Kincir Angin itu merupakan staf Kedutaan Belanda di Indonesia yang mempersiapkan kunjungan raja dan ratu Belanda ke Palangka Raya.

“Ada dua orang tim dari Belanda yang saat ini ada di rumah sakit,” kata Retno usai bertemu Menteri Luar Negeri Belanda Stephanus Abraham Blok di Jakarta, Senin malam.

Terkait kejadian tersebut, Menlu Retno telah berkoordinasi dengan Panglima TNI serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk memantau perkembangan di lapangan.

Secara khusus, Menlu Belanda Stephanus Blok juga menyampaikan keprihatinan dan dukacita akibat kejadian nahas yang menewaskan Dandim 1011/Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono dan enam orang dari pihak Taman Nasional Sebangau.

“Kami tunggu pernyataan resmi dari pihak Belanda, tetapi tadi beliau (Menlu Belanda) sudah menyampaikan simpati dan dukacita,” tutur Retno.

Insiden itu terjadi saat longboat L300 milik Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng bertabrakan dengan speedboat TNI AD Den Bekang XII/Tpr yang hendak melakukan pengecekan lokasi guna mengamankan rombongan VVIP Raja dan Ratu Belanda yang akan mengunjungi Palangkaraya.

Sebanyak 18 orang yang menumpang speedboat TNI AD selamat dan satu lainnya, yakni Dandim Kuala Kapuas, meninggal dunia.

Dua orang staf Kedutaan Belanda yang mempersiapkan kunjungan raja dan ratu mereka ke Palangka Raya, mengalami kecelakaan di Sungai Sebangau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close