Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beli Saham Newmont, Tiga BUMN Andalkan Pinjaman Bank

Senin, 27 April 2009 – 16:59 WIB
Beli Saham Newmont, Tiga BUMN Andalkan Pinjaman Bank - JPNN.COM
JAKARTA - Tiga perusahaan BUMN yang kini melirik divestasi 17 persen saham PT Newmont Nusa Tengga (NTT) ternyata tak punya dana segar yang memadai. Perusahaan pelat merah tersebut tidak hanya akan mengandalkan dana internal perusahaan, melainkan harus meminjam dari bank.

Ketiga perusahaan BUMN yang sudah siap membeli saham NNT ini adalah PT Tambang Batu Bara Bukit Asam Tbk, PT Aneka Tambang Tbk dan PT Timah Tbk.

"Kalau harga saham Newmont ini nanti sudah sesuai, maka tiga perusahaan itu yang akan membelinya. Tapi kalau nanti tidak cukup dengan dana perusahaan, kan bisa pinjam di bank," kata Staf Khusus Kementerian BUMN, Alexander Rusli kepada JPNN, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (27/4).

Hanya saja, jelas Alexander Rusli, dalam meminjam dana bank tentu sangat tergantung dari IRR (internal rate of return). Karena, IRR ini menjadi indikator bagi perusahaan untuk melakukan investasi atau tidak. Artinya, jika IRR tinggi, maka ekspektasi pengembalian investasi akan tinggi. Dengan begitu, perusahaan BUMN bisa membeli dan bank bisa mendanai pembelian saham itu.

JAKARTA - Tiga perusahaan BUMN yang kini melirik divestasi 17 persen saham PT Newmont Nusa Tengga (NTT) ternyata tak punya dana segar yang memadai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA