Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bellinda Birton Didukung Banyak Parpol, Bukti Elektabilitas Cukup Tinggi di Pilkada Kudus

Selasa, 20 Agustus 2024 – 03:46 WIB
Bellinda Birton Didukung Banyak Parpol, Bukti Elektabilitas Cukup Tinggi di Pilkada Kudus - JPNN.COM
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, KUDUS - Nama Bellinda Putri Sabrina Birton menjadi perbincangan hangat setelah diusung sejumlah partai politik untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, mendampingi Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris.

Pengamat politik dan kebijakan publik Yanuar Wijanarko menilai tingkat elektabilitas yang tinggi menjadi faktor utama banyaknya parpol mendukung Bellinda Birton maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kudus 27 November mendatang.

Menurutnya tingkat elektabilitas menjadi hal yang penting dalam pencalonan kepala daerah, meski suatu partai telah menyiapkan kader untuk dicalonkan.

"Sebagai contoh, jika ada koalisi partai mendukung Bellinda, pasti partai lain akan ikut ke koalisi itu karena kemungkinan menangnya lebih besar. Semua ini karena elektabilitas Bellinda cukup tinggi untuk Pilkada Kudus 2024," ujar Yanuar.

Dia menambahkan pencalonan Bellinda sebagai cawabup Kudus telah memenuhi tiga hal yakni elektablitas, popularitas dan akseptabilitas.

Sehingga, potensi memenangkan Pilkada Kudus 2024 menjadi semakin besar.

“Baik elektabilitas, popularitas, dan aksetabilitas sudah dimiliki Bellinda. Dan sekarang sejumlah parpol menyatakan mengusungnya. Potensi menang Pilkada Kudus menjadi tinggi,” ucapnya.

Dukungan parpol tersebut, bisa mendorong stabilitas di eksekutif dan legislatif namun juga mereduksi fungsi pengawasan yang menjadi tugas politik Bellinda jika nantinya terpilih sebagai Wakil Bupati Kudus.

Dengan banyaknya dukungan dari Partai Politik, menurutnya Bellinda tak diragukan lagi untuk maju dalam Pilkada Kudus 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA