Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Produk Tembakau Alternatf Efektif Mengurangi Kebiasaan Merokok? Simak Penjelasan Para Ahli

Senin, 11 September 2023 – 15:02 WIB
Benarkah Produk Tembakau Alternatf Efektif Mengurangi Kebiasaan Merokok? Simak Penjelasan Para Ahli - JPNN.COM
Ilustrasi produk tembakau alternatif mengurangi perokok. Foto : Pixabay

jpnn.com - Produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik (vape) dan tembakau yang dipanaskan, terbukti mampu dalam membantu perokok dewasa beralih dari kebiasaan merokok. 

Peneliti dan Dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad), apt. Neily Zakiyah, M.Sc., Ph.D, mengatakan masyarakat perlu memperoleh informasi komprehensif tentang profil risiko dan manfaat produk tembakau alternatif. 

Terutama, informasi yang bersumber dari hasil kajian ilmiah. Sebab, produk ini bisa dijadikan opsi bagi perokok dewasa beralih dari kebiasaannya. 

“Karakteristik, keamanan, dan profil risiko dari produk tembakau alternatif itu sangat bervariasi,” ujar Neily Zakiyah dalam keterangannya dikutip Senin (11/9).

Oleh karena itu, Neily mengatakan riset ilmiah berbasis fakta terkait produk tembakau alternatif di dalam negeri perlu ditingkatkan untuk mencegah terjadinya misinformasi. Riset ilmiah harus dilakukan secara detail agar tidak ada generalisasi antara produk tembakau alternatif dengan rokok. 

“Penelitian-penelitian yang dilakukan juga diharapkan dapat mencegah individu yang bukan perokok agar tidak mencoba produk tembakau alternatif,” ujarnya.

Profesor Studi Nikotin dan Tembakau dari London South Bank University (LSBU) Lynne Dawkins menyatakan hasil riset menunjukkan perokok dewasa yang menggunakan produk tembakau alternatif memiliki kemungkinan 55 persen lebih besar untuk beralih dari kebiasaan merokoknya dalam tiga bulan. 

Kondisi ini berbanding terbalik dengan perokok dewasa yang tidak menggunakan produk tersebut.

Benarkah produk tembakau Alalternatf efektif mengurangi kebiasaan merokok? Simak penjelasan para ahli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close