Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bencana Alam Bertubi-tubi, Gus Jazil Tegaskan Eksploitasi Alam Harus Diakhiri

Senin, 18 Januari 2021 – 17:11 WIB
Bencana Alam Bertubi-tubi, Gus Jazil Tegaskan Eksploitasi Alam Harus Diakhiri - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, H. Jazilul Fawaid SQ, MA. Foto: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bencana alam datang bertubi-tibu menghantam negeri ini di awal 2021.

Banjir besar terjadi di Kalimantan Selatan dan sejumlah daerah lain, gempa bumi di Sulawesi Barat, letusan gunung Semeru, Jawa Timur, luapan air laut di Manado, Sulawesi Utara, dan berbagai bencana alam lain.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan langkah pertama, pemerintah harus melakukan tindakan cepat untuk menangani atau memberikan bantuan darurat bagi para korban bencana di berbagai daerah.

"Apa yang dibutuhkan mungkin makanan minuman, bantuan yang darurat secepatnya pemerintah harus bisa menangani untuk korban," katanya di Jakarta, Senin (18/1). 

Kedua, lanjut Jazilul, hal yang tidak kalah penting adalah pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus mengevaluasi diri apa kira-kira kesalahan sehingga menimbulkan musibah bencana datang bertubi-tubi.

"Ada faktor alam yang dirusak oleh manusia atau faktor-faktor lain. Jadi ini menjadi bahan pelajaran buat kita semua sebagai bangsa," ungkap sosok yang karib disapa Gus Jazil ini. 

Menurutnya, ada pikiran yang mengatakan bahwa orientasi pembangunan yang berbasis pada sumber daya alam mengakibatkan  eksploitasi alam terjadi di mana-mana.

"Di situlah sering kali bencana muncul yang berupa banjir, tanah longsor," katanya.

Gus Jazil mengimbau pemerintah dan masyarakat mengevaluasi diri, apakah bencana yang terjadi karena ekspolitasi alam yang berlebihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close