Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berbahaya, Kinarum Tak Layak jadi Obyek Wisata

Rabu, 22 September 2010 – 13:13 WIB
Berbahaya, Kinarum Tak Layak jadi Obyek Wisata - JPNN.COM
BANJARMASIN- Hasil penelitian Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Barito menunjukan, Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong tidak layak dijadikan obyek wisata alam.

 

Penelitian yang dilakukan pasca terjadinya bencana air bah, Sabtu (11/9) lalu yang menewaskan 7 warga itu, diketahui beberapa faktor yang membuat obyek wisata alam ini memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi.

“Hasil penelitian menunjukan tempat wisata tersebut cukup berbahaya jika terus dikunjungi warga. Peristiwa air bah sudah sering terjadi, tidak hanya pada insiden yang menwaskan 7 warga saat libur lebaran kemarin, tetapi hampir terjadi tiap tahun. Beruntung pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada pengunjung yang berada di sekitar sungai saat air bah datang," jelas Kepala Seksi Evaluasi BPDAS Barito, Ramliadi.

Terjadinya air bah tersebut disebabkan karena tingginya disparitas kemiringan antara titik terendah dengan titik tertinggi. Berdasarkan pengukuran BPDAS Barito, titik terendah Sungai Kinarum berada pada 50-60 meter di atas permukaan laut (dpl). Sedangkan titik tertinggi berada pada angka 862 meter dpl. Dengan kondisi tersebut, disimpulkan, Sungai Kinarum masuk kategori curam. “Berdasarkan titik tertinggi dan terendah, Kinarum tergolong curam,” ujarnya.

BANJARMASIN- Hasil penelitian Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Barito menunjukan, Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close