Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bergerak ke Gunung Ciremai, Densus 88 Temukan Bahan Peledak Berkekuatan Dahsyat di Lokasi Tersembunyi

Selasa, 05 Oktober 2021 – 14:44 WIB
Bergerak ke Gunung Ciremai, Densus 88 Temukan Bahan Peledak Berkekuatan Dahsyat di Lokasi Tersembunyi - JPNN.COM
Densus 88. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAWA BARAT - Densus 88 Antiteror bersama Tim Jibom Brimob Jawa Barat, Polres Majalengka, dan Tim Lapas Sentul melakukan penggerebekan di kawasan kaki Gunung Ciremai.

Dari penggerebekan tersebut, aparat menemukan bahan peledak berupa TATP (Triacetone Triperoxide) sebanyak 35 kilogram di ketinggian 1450 MDPL (meter di atas permukaan laut) tepatnya di kaki gunung.

"Bahan peledak ditemukan di sebuah lokasi tersembunyi dan sulit untuk dijangkau, di seputaran Blok Cipager, Desa Bantar Agung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat," kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Selasa (5/10).

Menurutnya, tim gabungan menemukan sejumlah TATP dalam beberapa wadah terpisah.

Selain itu, aparat juga mendapati sebuah toples berisi 10 kg TATP murni, botol plastik ukuran 250 ml berisi gotri (besi bulat berukuran kecil), empat Tupperware berisi TATP murni dan C1, serta setengah botol air minum besar berisi TATP yang sudah berubah warna.

Tim Jibom Brimob Polda Jabar langsung melakukan pemusnahan (disposal) terhadap bahan peledak di sekitar lokasi penemuan.

Bahan peledak tersebut ternyata masih menghasilkan efek ledakan yang dahsyat.

Buktinya, sebanyak 50 gram TATP yang dimusnahkan di atas tanah menimbulkan lubang dengan diameter sekitar satu meter dengan kedalaman 20 sentimeter.

Densus 88 bersama dengan tim gabungan telah menyisir kawasan kaki Gunung Ciremai, Jawa Barat dan mendapati bahan peledak berkekuatan dahsyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close