Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berita Terbaru Seputar Balon Wali Kota Tangsel, Siti Nur Azizah Terpopuler

Senin, 07 Oktober 2019 – 22:35 WIB
Berita Terbaru Seputar Balon Wali Kota Tangsel, Siti Nur Azizah Terpopuler - JPNN.COM
Siti Nur Azizah, tercatat sebagai bakal calon wali kota Tangsel 2020 versi hasil Survei lembaga RNI. Foto: Dokpri Azizah

jpnn.com, TANGSEL - Dari sekian banyak bakal calon yang bermunculan, diprediksi hanya 10 bakal calon (Balon) yang serius dan siap untuk bertarung pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020. Hal ini sesuai hasil penelitian lapangan oleh lembaga survei Riset Network Indonesia (RNI).

Dalam paparan RNI, top of mind bakal calon wali kota tertinggi adalah Muhammad dengan 39,74 persen, disusul Benyamin Davnie dengan 25,64 persen. Putri Wapres terpilih, yakni Situ Nur Azizah Ma'ruf, di posisi ketiga dengan 23,36 persen, disusul kemudian Arsid dengan 19,23 persen, dan Andiara Aprilia dengan 3,85 persen.

Namun begitu, soal popularitas bakal calon wali kota, persentase Siti Nur Azizah paling tinggi, yakni 48,36 persen. Popularitas Azizah merupakan yang tertinggi dari 10 top of mind Bakal Calon Wali Kota Tangerang Selatan. Popularitas Azizah saat ini unggul tipis dari popularitas Benyamin Davnie di angka 47,75 persen. Sementara, popularitas Andiara berada di angka 10,13 persen dan Arsid di angka 25 persen.

Menurut Direktur Eksekutif RNI, Sofian Hadi, popularitas Siti Nur Azizah terdongkrak dengan pemberitaan media dan popularitas sang ayah, KH. Ma'ruf Amin, sebagai Wapres terpilih. Kondisi ini menguntungkan bagi Azizah dalam memengaruhi persepsi masyarakat terhadap Pilkada Tangsel 2020.

Sofian Hadi menjelaskan bahwa penelitian yang RNI lakukan adalah riset kuantitatif, berupa wawancara tatap muka langsung dengan 800 responden dari tanggal 20 September sampai dengan 30 September 2019 dengan Margin of Error 3,6 persen dan tingkat kepercayaan adalah 95%. Hasil yang diperoleh cukup mengejutkan.

"Kami menemukan di lapangan bahwa hanya 31,49 persen masyarakat Tangsel yang mengetahui akan ada Pemilu di Tangerang Selatan tahun 2020 nanti, artinya tugas berat bagi KPU untuk mensosialisasikan Pilkada kepada masayarakat," jelas Hadi, Senin (7/10/2019).

Terkait elektabilitas setahun sebelum pemilu Kota Tangsel, posisi tertinggi adalah Benyamin Davnie (31,66 persen), disusul oleh Muhammad (27%), Siti Nur Azizah (16 persen), kemudian Andiara Aprilia (8 persen) dan Arsid (6,67 persen), dengan catatan sebanyak 85,19 persen masyarakat Tangsel belum memutuskan pilihan calon wali kotanya.

Untuk kinerja pemerintah kota saat ini, menurut Hadi, sebanyak 78,61 persen masyarakat Tangsel Puas dengan kinerja Airin-Ben saat ini dan hanya 21,39 persen yang tidak puas. Tingkat kepuasan tertinggi adalah pada masalah penanganan jalan 76,23 persen, kemudian masalah kesehatan 74,47 persen dan maslah pendidikan di angka 68,61 persen. Ketidakpuasan ada pada penanganan pengangguran yakni hanya sebesar 19,16 persen dan penanganan macet yang hanya 21,77 persen.(fri/jpnn)

Menurut Sofian Hadi, popularitas Siti Nur Azizah terdongkrak dengan pemberitaan media dan popularitas sang ayah, KH. Ma'ruf Amin, sebagai Wapres terpilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close