Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berita Terbaru seputar Pendaftaran PPPK dari Honorer K2

Sabtu, 02 Februari 2019 – 00:14 WIB
Berita Terbaru seputar Pendaftaran PPPK dari Honorer K2 - JPNN.COM
Zainudin Amali. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dari honorer K2 tahap pertama akan dibuka akhir Februari 2019. Namun, masih ada sejumlah pemda yang belum siap menganggarkan gaji PPPK.

Kementerian PAN-RB bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang mencari jalan keluarnya.

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengungkapkan tahap pertama rekrutmen PPPK diperuntukkan honorer K2 di daerah. Seperti guru honorer, tenaga kesehatan, dan penyuluh. "Maka (anggaran gajinya, Red) harus masuk dalam APBD," katanya, Kamis (31/1).

Namun ternyata Zainudin mengatakan kesiapan pemda berbeda-beda. Ada pemda yang telah mengalokasikan gaji PPPK di APBD-nya. Sementara ada yang belum menyiapkan alokasi gaji di APBD.

Dia mengatakan pelaksanaan rekrutmen PPPK idealnya harus digelar serentak. Tidak bisa pemda yang sudah siap gajinya, membuka pendaftaran PPPK lebih dahulu.

Menurut dia persoalan alokasi gaji PPPK dalam APBD bukan urusan sepele. Apalagi bagi pemda yang alokasi APBD-nya kecil. Mereka selama ini menggaji honorer tidak terlalu berat, karena hanya sekian ratus ribu per bulan. Namun ketika sudah berstatus PPPK, gajinya sama seperti PNS.

Dia menjelaskan saat ini Kementerian PAN-RB bersama Kemenkeu sedang membahas persoalan alokasi gaji PPPK tersebut. Supaya ada jalan keluarnya.

Zainudin belum bisa mengungkapkan daerah mana saja yang belum mengalokasikan gaji PPPK dalam APBD-nya. "Tapi saya yakini banyak," katanya.

Jadwal pendaftaran PPPK dari honorer K2 jangan sampai terganggu masalah polemik sumber penggajian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close