Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bermimpi Tinggal di Australia di Tahun yang Baru? Ini Sejumlah Caranya

Selasa, 31 Desember 2019 – 19:22 WIB
Bermimpi Tinggal di Australia di Tahun yang Baru? Ini Sejumlah Caranya - JPNN.COM
Sydney, Melbourne, dan Brisbane telah dianggap terlalu penuh sehingga pendatang kini didorong untuk pindah ke kota-kota lainnya. (ABC Radio Sydney: Amanda Hoh)

Jika salah satu keinginan anda di tahun yang baru adalah bisa tinggal dan bekerja di Australia, berikut sejumlah cara yang bisa dicoba.

1. Studi di Australia

Banyak pelajar internasional, terutama yang mengeluarkan biaya sendiri, ingin tinggal di Australia untuk mendapatkan pengalaman kerja atau hidup menetap setelah lulus.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi jika anda ingin mendapatkan 'Permanent Residency' (PR) lewat 'Skilled Independent Visa', selain harus setidaknya pernah studi di Australia selama dua tahun.

Persyaratan usia yang harus dipenuhi adalah diantara 18 hingga 49 tahun, memiliki nilai IELTS minimum 6 atau setara, dan memastikan bidang keahlian anda masuk dalam daftar pekerjaan yang dibutuhkan di Australia, atau 'Skilled Occupation List'.

Jika anda ingin mengambil PR lewat sistem poin, maka usia 25-32 tahun akan mendapatkan 30 poin. Tapi jika anda berusia antara 45 hingga 49 tahun, tidak akan mendapatkan poin tambahan.

Setelah lulus biasanya anda akan mendapatkan visa jenis 'Temporary Graduate Visa' selama 18 bulan dan sebaiknya dimanfaatkan untuk bekerja sesuai bidang studi selama setahun dan memperbaiki Bahasa Inggris. Jika Anda memiliki nilai IELTS 7 atau 8 maka akan mendapat 10 hingga 20 poin tambahan.

Mulai November 2019 lalu, anda yang studi di luar Sydney, Melbourne, dan Brisbane akan mendapat tambahan lima poin, ini bisa jadi pertimbangan anda dalam memilih sekolah jika kemudian ingin mengajukan PR di Australia.

2. Incarlah kota-kota kecil

Bermimpi Tinggal di Australia di Tahun yang Baru? Ini Sejumlah Caranya Photo: Kota Perth tidak termasuk sebagai kota besar dan kini masuk dalam daftar kawasan regional. (Flickr: Pedro Szekely)

 

Jika salah satu keinginan anda di tahun yang baru adalah bisa tinggal dan bekerja di Australia, berikut sejumlah cara yang bisa dicoba

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close