Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Biadab, Polisi Iran Bakar Mobil Penuh Pengungsi Afghanistan

Sabtu, 06 Juni 2020 – 18:12 WIB
Biadab, Polisi Iran Bakar Mobil Penuh Pengungsi Afghanistan - JPNN.COM
Ilustrasi kebakaran. Foto: pixabay

jpnn.com, KABUL - Polisi Iran diduga membakar sebuah mobil berisi sekelompok pengungsi dari Afghanistan. Kabar tersebut dengan cepat memicu kemarahan publik di Afghanistan.

Aksi itu sempat terekam dalam sebuah video yang viral di media sosial dan memicu kemarahan baru setelah beberapa minggu sebelumnya pejabat Afghanistan menuduh penjaga perbatasan Iran telah menenggelamkan imigran.

Kementerian Luar Negeri Afghanistan, lewat pernyataan tertulis, Jumat (5/6), mengatakan tiga warganya tewas dan empat lainnya luka-luka di Provinsi Yazd, Iran. Insiden itu terjadi saat kendaraan yang korban tumpangi ditembak oleh polisi Iran, sehingga memantik kebakaran.

Rekaman video yang diunggah media sosial menunjukkan seorang pria muda berhasil menyelamatkan diri dari kebakaran tersebut. Beberapa bagian dari tubuh pria itu terbakar dan ia meminta air minum.

Pihak kementerian mengatakan video itu bukan rekayasa dan warga Afghanistan di Iran saat ini berusaha mengidentifikasi korban.

Ungkapan pria muda itu: "berikan saya air, saya terbakar," tersebar luas di media sosial. Pernyataan itu pun jadi slogan bagi para pegiat hak asasi manusia yang menuntut keadilan bagi para korban.

"Iran tidak berhak membunuh pengungsi asal Afghanistan, mereka dapat menutup perbatasan, mengusir warga Afghanistan, tetapi tidak membunuh mereka," kata Ali Noori, seorang pengacara dan pegiat HAM di media sosial Facebook.

Masyarakat Afghanistan dalam beberapa puluh terakhir kerap melarikan diri ke Iran demi menghindari perang dan kemiskinan di tanah air mereka.

Polisi Iran diduga membakar sebuah mobil berisi sekelompok pengungsi dari Afghanistan. Kabar tersebut dengan cepat memicu kemarahan publik di Afghanistan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close