Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Biaya Transportasi Calon Jemaah Haji 2022 dari Bengkulu Capai Rp 6 Miliar

Sabtu, 28 Mei 2022 – 19:56 WIB
Biaya Transportasi Calon Jemaah Haji 2022 dari Bengkulu Capai Rp 6 Miliar - JPNN.COM
Provinsi Bengkulu memberikan keputusan terkait biaya transportasi jemaah dari wilayahnya. Ilustrasi: Dokumentasi Antara/Khalis Surry

jpnn.com, BENGKULU - Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Syariffudin mengatakan pihaknya sudah memberikan keputusan terkait biaya transportasi jemaah dari wilayahnya.


"Untuk transportasi pesawat bagi calon jemaah haji pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp6 miliar," kata Syarifuddin.

Dana tersebut rencananya dianggarkan untuk 1.600 calon jemaah haji.

Namun, karena pembatasan maka calon jemaah haji dari Provinsi Bengkulu yang berangkat hanya 700 jemaah.

Oleh karena itu, dia berharap anggaran transportasi pesawat untuk calon jemaah haji sebesar Rp 6 miliar hanya digunakan setengah atau Rp 3 miliar.

"Untuk pesawat pihaknya menyiapkan Rp 6 miliar untuk 1.600 jamaah kalau sekarang kan 700 lebih jadi mudah mudahan anggaran bisa di bawah Rp 6 miliar atau setengah di bawahnya," ujarnya.

Syarifuddin menyebutkan maskapai yang memenuhi syarat lelang transportasi calon jemaah haji hanya tiga yaitu Sriwijaya, Lion, dan Garuda.

Dia berharap agar pemenang lelang bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi calon jemaah haji yang telah tertunda berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan anggaran sebesar Rp 8-10 miliar untuk pelaksanaan ibadah haji 2022.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk jamaah melakukan embarkasi dari Provinsi Bengkulu ke Arab Saudi.

Diketahui, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa kuota calon jemaah haji yang berangkat pada 1443 Hijriah atau pada tahun ini sekitar 747 orang.

Kepala bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Provinsi Bengkulu, Intihan menjelaskan bahwa kuota untuk seluruh Indonesia yang diberikan oleh Arab Saudi sebanyak 45,6 persen 151 ribu orang. (antara/jpnn)

Provinsi Bengkulu memberikan keputusan terkait biaya transportasi jemaah dari wilayahnya.

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close