Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bibit Sawit Palsu Hantui Petani Kalsel

Rabu, 24 Oktober 2012 – 09:53 WIB
Bibit Sawit Palsu Hantui Petani Kalsel - JPNN.COM
BANJARMASIN – Bibit sawit palsu diduga kembali marak beredar di Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengantisipasi hal itu, Dinas Perkebunan (Disbun) Kalsel langsung membentuk Satgas Perbenihan yang bertugas untuk mengawasi pendistribusian benih kepada petani. Hingga saat ini, Kalsel masih belum memiliki Unit Pelaksana Teknis (UPT) Benih, sehingga untuk pengawasan terhadap penyaluran bibit kepada petani masih sangat lemah.

Kepala Dinas Perkebunan Kalsel Sugian Noorbah mengakui, ada kemungkinan memang bibit sawit palsu marak beredar.  "Memang ada dugaan bahwa bibit palsu beredar. Kalau sampai beredar kami akui kecolongan," kata Sugian seperti dilansir Radar Banjarmasin (JPNN Grup), Rabu (24/10).

Ia mengingatkan petani sawit untuk berhati-hati dalam memilih bibit perkebunan sawit.  Sebab, bibit palsu atau bibit tidak unggul dan tidak bersertifikat merupakan musuh paling berbahaya yang menghantui petani pekebun kelapa sawit.

Sebab, kalau mereka membeli bibit palsu dan ditanam, maka mereka akan menanggung risiko yang paling besar. Hasil produksi sawitnya tidak maksimal atau bahkan tidak berproduksi sama sekali.

BANJARMASIN – Bibit sawit palsu diduga kembali marak beredar di Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengantisipasi hal itu, Dinas Perkebunan (Disbun)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA