Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisakah Stres Menyebabkan Ketombe? Ini Penjelasan Pakar

Rabu, 27 Mei 2020 – 09:15 WIB
Bisakah Stres Menyebabkan Ketombe? Ini Penjelasan Pakar - JPNN.COM
Ilustrasi ketombe. Foto: salamati

jpnn.com, JAKARTA - Stres bisa menyebabkan tubuh Anda bereaksi dalam banyak cara yang tidak terduga. Percaya atau tidak, stres ternyata bisa memengaruhi kesehatan kulit kepala Anda.

Anda mungkin pernah mendengar tentang rambut rontok yang berkaitan dengan stres. Tetapi apakah Anda tahu ada juga hubungan antara stres dan ketombe?

Jika Anda sering memperhatikan ada serpihan berlebih dirambut Anda akhir-akhir ini, inilah alasannya.

Ketombe adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit kepala mengelupas dan gatal. Ketombe juga merupakan gejala dermatitis seboroik, kondisi lain yang menyebabkan bercak bersisik muncul di kulit kepala.

Sangat mudah untuk berpikir bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kering, tetapi sebagai dokter kulit Gilberto Alvarez, MD, mengatakan bahwa itu bukan itu masalahnya.

"Kondisi ini terjadi di area tubuh yang memiliki banyak kelenjar penghasil minyak, dan kulit kepala menjadi area yang paling umum.

Namun, beberapa orang bisa mendapatkan ketombe di alis, dada, dan punggung bagian atas," kata Dr. Alvarez, sepert dilansir laman MSN, Selasa (26/5).

Menurut Dr. Alvarez, teori yang paling diterima tentang mengapa ketombe bisa timbul di kepala Anda adalah bahwa produksi minyak yang berlebihan menghasilkan pertumbuhan berlebih ragi, yang pada gilirannya, bisa menyebabkan kulit kepala meradang.

Percaya atau tidak, stres ternyata bisa memengarhui kesehatan kulit kepala, salah satunya dengan munculnya ketombe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close