Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bisakah Wanita dengan Obesitas Hamil?

Sabtu, 12 Oktober 2019 – 23:50 WIB
Bisakah Wanita dengan Obesitas Hamil? - JPNN.COM
ILUSTRASI. Obesitas. Foto: Fox News

jpnn.com - Tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas tidak bisa hamil. Apakah anggapan tersebut didukung oleh fakta medis?

Obesitas memang dapat memengaruhi kesuburan wanita

Ada banyak faktor yang bisa menghambat seorang wanita untuk bisa hamil, salah satu di antaranya adalah obesitas. Indikator obesitas pada orang dewasa adalah indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 27.

Wanita yang masuk ke dalam kategori obesitas memiliki risiko gangguan fungsi reproduksi dan menyebabkan gangguan kesuburan.

Ada sebuah studi yang diterbitkan di jurnal medis “Human Reproduction” pada 2007, yang meneliti 3.029 pasangan yang kesulitan memiliki keturunan. Pasangan yang menjadi partisipan tercatat sudah berusaha selama lebih dari setahun untuk bisa hamil, serta tidak mengalami gangguan menstruasi dan sperma. Peserta juga diukur IMT-nya.

Temuan studi, wanita dengan kategori obesitas ditemukan paling kesulitan untuk bisa hamil sepanjang waktu penelitian. Temuannya secara angka adalah: wanita dengan nilai IMT di atas 35 mengalami penurunan 26 persen peluang untuk hamil, sedangkan wanita dengan IMT di atas 40 peluang untuk hamilnya turun hingga 43 persen.

Mengapa wanita dengan obesitas sulit hamil?
Sampai saat ini penyebab wanita obesitas susah hamil belum dapat dipastikan. Namun, ada beberapa faktor penyebab, antara lain:

1. Ketidakseimbangan hormon reproduksi 

Wanita yang masuk ke dalam kategori obesitas memiliki risiko gangguan fungsi reproduksi dan menyebabkan gangguan kesuburan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close