Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BNP2TKI: Polandia Sebagai Negara Potensial Bagi PMI

Rabu, 22 Januari 2020 – 15:57 WIB
BNP2TKI: Polandia Sebagai Negara Potensial Bagi PMI - JPNN.COM
Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan BNP2TKI, Dr. Servulus Bobo Riti pada acara pelepasan PMI ke negara tujuan Polandia yang berlangsung di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (21/1/2020). Foto: Humas BNP2TKI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI, Dr. Servulus Bobo Riti pada Selasa (21/1/2020) menghadiri acara pelepasan keberangkatan Pekerja Migran Indonesia atau PMI sektor formal dengan negara tujuan Polandia yang ditempatkan oleh PT. Bali Pesona Abadi beralamat di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pemberangkatan PMI formal dengan negara tujuan Polandia ini merupakan sebuah terobosan baru sekaligus penempatan pertama bagi PT. Bali Pesona Abadi. Sebanyak 16 orang PMI yang berasal dari Lampung dan Jawa Tengah ini akan diberangkatkan ke Polandia pada Selasa malam (21/1/2020) melalui Bandara Soekarno-Hatta. Pemberangkatan ini untuk memenuhi permintaan pasar kerja potensial di Polandia yakni menempati jabatan welder dengan gaji bulanan berkisar antara Rp9.000.000 - Rp10.000.000.

Servulus dalam sambutannya menyampaikan pemerintah melalui Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI menyambut baik terobosan yang dicapai oleh PT Bali Pesona Abadi sebagai  Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia yang berhasil masuk ke pasar Polandia.

"Penempatan PMI oleh perusahaan Bali Pesona Abadi ke negara tujuan Polandia ini, merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membuka peluang baru bagi PMI untuk bekerja di negara-negara tujuan potensial di Benua Eropa, antara lain melalui Polandia, yang sudah dilakukan promosi dan penjajakannya semenjak masa Ibu Dr. Endang Sulistyaningsih sebagai Deputi KLN dan Promosi di  BNP2TKI beberapa tahun lalu," kata Servulus mewakili Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono.

Sejauh catatan BP2MI, kata Servulus, sudah ada beberapa P3MI yang masuk ke pasar Polandia. Sampai saat ini, sekitar 298 orang PMI telah bekerja di Polandia dengan potensi job order sebanyak 1.892.

Pada kesempatan tersebut, Servulus berhasil mengidentifikasi latar belakang dari ke 16 orang PMI yang seluruhnya adalah laki-laki tersebut. Beberapa di ataranya sudah  pernah bekerja di negara lainnya seperti Korea, Taiwan dan Malaysia. Oleh karena itu, secara individu mereka adalah para pekerja migran yang tidak diragukan lagi kompetensinya.

Pada acara pelepasan keberangkatan PMI tersebut, Servulus dengan tegas juga menyampaikan pesan Deputi Penempatan BNP2TKI, Teguh Hendro Cahyono, bahwa para PMI hendaknya dengan kesadaran penuh untuk bekerja dengan baik dan menjaga nama baik bangsa dan negara.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa keberadaan para PMI di Polandia adalah sebagai duta pekerja migran sekaligus duta bela negara yang merupakan cerminan dari citra bangsa dan negara Indonesia.

BNP2TKI menilai pemberangkatan PMI formal dengan negara tujuan Polandia ini merupakan sebuah terobosan baru sekaligus penempatan pertama bagi PT. Bali Pesona Abadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close