Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BNP2TKI Target Latih 5.000 CPMI dalam Upgrading Skill 2019

Selasa, 30 Oktober 2018 – 13:57 WIB
BNP2TKI Target Latih 5.000 CPMI dalam Upgrading Skill 2019 - JPNN.COM
Foto: BNP2TKI

jpnn.com, BOGOR - Peran aktif BNP2TKI sangat menentukan terselenggaranya kegiatan upgrading skill pada 2019.

Hal tersebut mengemuka dalam rapat koordinasi sinergitas pembiayaan pelaksanaan Upgrading Skill TA 2019 bagi awak kapal pelaut perikanan dan pelaut hospitality sea based dengan melibatkan kementerian dan lembaga terkait yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Promosi di Bogor, 29-30 Oktober 2018.

Acara itu dihadiri narasumber seperti Direktur Perencanaan Kependudukan dan Perlindungan Sosial Bappenas Ahmad Maliki, Sukiyo dari Ditjen Binalattas Kemenaker, Barto dari Badan PPSDM Kementerian Perhubungan, dan Kepala Bidang Pelatihan Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kementerian Kelautan dan Perikanan Moh Farkhan serta Direktur Penyiapan Pembekalan Pemberangkatan BNP2TKI Arini Rahyuwati.

Panel diskusi mengenai permasalahan penempatan awak kapal pelaut perikanan dan pelaut hospitality sea based, sinergitas perencanaan pembiayaan upgrading skill TA. 2019 terpadu antar K/L terkait dan strateginya, bisnis proses penyiapan CPMI dalam rangka pemenuhan demand pelaut hospitality sea based dan ABK pelaut perikanan. 

Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi Elia Rosalina mengatakan, jajarannya terus proaktif dalam mengomunikasikan dan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait demi terlaksana dan berhasilnya kegiatan upgrading skill bagi calon pekerja migran Indonesia (CPMI) pada 2019.

Pembahasan mengenai sinergitas pembiayaan pelaksanaan Upgrading Skill TA 2019 bagi awak kapal pelaut perikanan dan pelaut hospitality sea based, didasari pada UU No. 18 tahun 2017 Pasal 4c bahwa PMI termasuk di dalamnya Pelaut Awak Kapal dan Pelaut Perikanan wajib dilayani oleh BNP2TKI.

Rapat koordinasi sinergitas yang mengundang kementerian/lembaga dan stakeholders terkait ini merupakan rangkaian dan kelanjutan dari rapat yang dilaksanakan sebelumnya oleh Deputi Bidang Kerjasama Luar Negeri di Bogor pada 26-28 September lalu.

Acara yang mengangkat tema sinergitas Perencanaan Pembiayaan Upgrading Skill Tahun 2019 dan Penguatan database Demand Supply CPMI Daerah itu menghadirkan anggota Komisi IX DPR-RI Ayub Khan, Dirjen Binalattas Kemenake Bambang Satrio L, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemendikbud Yusuf Muhyidin, dari Direktorat Kependudukan, Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Bappenas Utin Kiswanti.

Peran aktif BNP2TKI sangat menentukan terselenggaranya kegiatan upgrading skill pada 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   BNP2TKI 
BERITA LAINNYA
X Close