Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bobby Nasution Terus Mendukung UMKM Medan Naik Kelas

Kamis, 07 September 2023 – 07:58 WIB
Bobby Nasution Terus Mendukung UMKM Medan Naik Kelas - JPNN.COM
Wali Kota Medan Bobby Nasution. Foto : Ricardo

jpnn.com - MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution terus memberikan dukungan penuh terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Medan.

Dukungan itu diberikan supaya UMKM Kota Medan naik kelas. Berbagai gerakan masif dilakukan Pemkot Medan untuk pengembangan UMKM lokal.

 "Mewujudkan UMKM naik kelas menjadi salah satu program prioritas Pemkot Medan yang saat ini terus masif dilakukan," ujar Bobby di Medan, Rabu (6/9).

Menurutnya, gerakan masif itu di antaranya mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Medan memakai busana kasual hasil produksi UMKM setiap hari Selasa.

Lalu, kebijakan terakhir mewajibkan ASN di lingkungan Pemkot Medan membeli produk UMKM di marketplace atau lokapasar. Hal ini sebagai upaya membantu pelaku UMKM setempat.
Bobby mengatakan dukungan peningkatan pengembangan bagi pelaku UMKM lokal juga bisa dilalukan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Misalnya, Pemkot Medan dengan pemberian bantuan alat. Nah, PNM melalui bantuan modalnya, begitu juga dengan stakeholder lainnya," kata Bobby.

Data Dinas Koperasi UKM Perindag Kota Medan pada 2022 menyebut jumlah pelaku UMKM di aplikasi SIMDAKOP UMKM (Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM) Kota Medan sebanyak 38.343 UMKM.

UMKM yang terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan berjumlah 1.825 UMKM.

"Kolaborasi dan dukungan para pemangku kepentingan, itu yang kami harapkan. kami bantu UMKM dari masing-masing porsi dan bagian," ungkap menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Bobby Nasution mendukung penuh UMKM Kota Medan naik kelas. Berbagai gerakan dilakukan secara masif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close