Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bolehkah Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil?

Selasa, 07 Januari 2020 – 19:40 WIB
Bolehkah Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Hamil? - JPNN.COM
Ilustrasi makanan pedas. Foto: nutraingredients-asia

jpnn.com - Kebiasaan mengonsumsinya memang sudah tidak dapat dilepaskan lagi. Ini karena menu tersebut dapat menambah selera makan dan rasanya pun lebih nikmat saat dikonsumsi.

Bahkan, ibu yang tengah hamil sering mengidam jenis makanan tersebut. Namun, apakah sebenarnya bumil diperbolehkan mengonsumsi makanan pedas? Simak terus ulasannya!

Pada dasarnya, wanita yang hamil adalah orang sehat, bukan yang sedang sakit. Jadi, tidak ada larangan dalam hal makanan pedas untuk dikonsumsi.

Faktanya, makanan pedas tidak membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan dan tidak memicu terjadinya keguguran atau kelahiran prematur.

Aturan makan pedas untuk ibu hamil

Namun, ibu hamil juga memiliki aturan tersendiri dalam mengonsumsi jenis makanan yang membuat kepedasan ini. Sebelum bumil makan pedas, ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa hal perlu Anda ketahui.

  • Jangan mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Batasi konsumsinya agar tidak menimbulkan berbagai keluhan yang mungkin dapat terjadi.
  • Apabila ibu hamil memiliki riwayat sakit mag, sebaiknya hindari konsumsi makanan pedas. Rasa sakit akibat mag tentu akan membuat bumil merasa tidak nyaman.
  • Tingkat kepedasan makanan perlu diperhatikan. Semakin besar ukuran janin, maka semakin besar juga tekanan perut ke area lambung. Bila terlalu pedas, hal ini mudah meningkatkan risiko terjadinya peningkatan asam lambung ke area dada atau disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).
  • Pilihlah makanan pedas yang dibuat dari bahan-bahan rempah alami, bukan sambal dari produk kemasan yang sudah siap pakai.

Apabila Anda sedang hamil, tidak perlu takut lagi untuk mengonsumsi makanan pedas. Asal, konsumsinya tidak berlebihan dan tetap memperhatikan beberapa catatan penting di atas.

Selain itu, pastikan menu makanan sehari-hari juga bergizi dan sehat.

Ibu yang tengah hamil sering mengidam jenis makanan pedas. Namun, apakah sebenarnya bumil boleh mengonsumsi makanan pedas?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close