Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bongkar Indikasi Perdagangan Manusia ke Arab Saudi!!

Minggu, 29 Januari 2017 – 18:28 WIB
Bongkar Indikasi Perdagangan Manusia ke Arab Saudi!! - JPNN.COM
TKI

jpnn.com - jpnn.com - Anggota Tim Pengawas Tenaga Keja Indonesia (Timwas-TKI) DPR, Rieke Diah Pitaloka mendesak pemerintah segera membongkar indikasi perdagangan orang berkedok TKI ke Arab Saudi pada 2016 lalu.

Sebab, kata dia, disaat Pemerintahan Joko Widodo berjuang memberantas pungli dan juga memperbaiki sistem perlindungan terhadap TKI, para oknum perdagangan manusia berkedok TKI tanpa jera tetap beroperasi.

Padahal, secara hukum, pengiriman TKI sektor domestik dinyatakan telah dihentikan sejak 4 Mei 2015.

Hanya saja pengiriman TKI di sektor domestik tetap berjalan dengan dalih bekerja sebagai cleaning service.

"Artinya pengiriman tersebut bisa diduga merupakan pelanggaran terhadap hukum. Ini harus dibongkar," kata Rieke kepada JPNN.com di Jakarta, Minggu (29/1).

Desakan ini didasarkan pengaduan yang mulai masuk sejak Oktober 2016, terkait pengiriman lewat jalur ilegal atas nama perusahaan Team Time Co (TTCo) yang berpusat di Jeddah.

"Koordinasi tim kami di Saudi dengan KJRI Jeddah, terus dilakukan untuk melakukan penelusuran dan penyelidikan. Diperoleh angka yang mengejutkan. Saya menilainya sebagai indikasi kuat perdagangan manusia terhadap tidak kurang dari 1.141 orang," tutur politikus PDIP ini.

Dijelaskan bahwa pada 25 Februari 2016, diterbitkan visa dari Jakarta, untuk 690 orang.

Anggota Tim Pengawas Tenaga Keja Indonesia (Timwas-TKI) DPR, Rieke Diah Pitaloka mendesak pemerintah segera membongkar indikasi perdagangan orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close