Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bongkar Saja Gedung Sekolah Rusak, Bikin Baru

Senin, 20 November 2017 – 17:09 WIB
Bongkar Saja Gedung Sekolah Rusak, Bikin Baru - JPNN.COM
Gedung sekolah rusak. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para bupati/wali kota didorong menggunakan dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun sekolah baru. Pasalnya, lebih dari 50 persen sekolah dasar (SD) negeri kondisinya rusak parah.

"Problem pemerintah saat ini adalah SD yang paling banyak rusak. Kondisi SD Inpres sangat memprihatinkan karena dibangun sejak 1970-an," kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad di Jakarta, Senin (20/11).

Menurut Hamid, tidak hanya cukup dengan merenovasi atau tambal sulam. Akan lebih baik dari aspek pendanaan jika dibangun lagi gedung baru.

"Daripada tambal sulam lebih baik sekolahnya dibongkar dan dibangun baru lagi agar bisa dipakai jangka panjang," ucapnya.

Dia menyarankan, daerah-daerah penerima DAK harus berani mengajukan anggaran pembangunan SD baru ketimbang biaya renovasi. Biaya renovasi tiap tahun justru lebih besar dibanding bangun sekolah baru. (esy/jpnn)

Daripada tambal sulam, lebih baik gedung sekolah rusak dibongkar dan dibangun baru lagi agar bisa dipakai jangka panjang.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close