Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BP2MI Beri Penghargaan Pejuang Kemanusiaan Kepada Pekerja Migran Indonesia Riyanto di Korsel

Senin, 05 Februari 2024 – 09:08 WIB
BP2MI Beri Penghargaan Pejuang Kemanusiaan Kepada Pekerja Migran Indonesia Riyanto di Korsel - JPNN.COM
Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik Agustinus Gatot Hermawan menyerahkan penghargaan pejuang kemanusiaan kepada Pekerja Migran Indonesia Riyanto yang diterima oleh istri Riyanto, Darsih di Ruang Command Center BP2MI, Jakarta, Jumat (2/2/2024). Foto: Humas BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memberikan penghargaan pejuang kemanusiaan kepada salah seorang Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan (Korsel) yang telah menyelamatkan seorang wanita warga negara Korsel yang terjatuh ke laut lepas di pantai Ulsan.

Mewakili Kepala BP2MI Benny Rhamdani, penghargaan diberikan oleh Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik Agustinus Gatot Hermawan dan diterima oleh istri Riyanto, Darsih di Ruang Command Center BP2MI, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

BP2MI Beri Penghargaan Pejuang Kemanusiaan Kepada Pekerja Migran Indonesia Riyanto di Korsel

Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik Agustinus Gatot Hermawan bersama istri Riyanto, Darsih, pegiat Kemanusiaan Pekerja Migran Indonesia di luar negeri, termasuk di Korsel, Ari Purboyo dan Kepala Desa Purwahamba, Brebes, Jawa Tengah di Ruang Command Center BP2MI, Jakarta, Jumat (2/2/2024). Foto: Humas BP2MI

Riyanto adalah Pekerja Migran Indonesia asal Desa Purwahamba, Brebes, Jawa Tengah. Saat ini, Riyanto bekerja di kapal Dongchangho di Bangeojin, Ulsan, Korsel.

Deputi Gatot menjelaskan aksi yang dilakukan Riyanto tersebut dapat dikatakan heroik, karena suhu di laut Ulsan pada waktu itu menurut BMKG Korsel mencapai antara 6,6 derajat Celcius sd. 14,8 derajat Celcius, cukup dingin dan berisiko membahayakan nyawanya.

Untuk itu pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh BP2MI memberikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada Riyanto.

“Pemerintah Indonesia sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Saudara Riyanto. Pekerja Migran Indonesia selain sebagai pahlawan devisa juga memiliki semangat membantu sesama dan berjiwa patriotik. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Profesor Si Yong Lim dari Korea Coast Guard Academy yang telah ikut membantu Saudara Riyanto yang juga hadir di tengah-tengah kita semua saat ini melalui saluran zoom,” ujar Deputi Gatot.

BP2MI memberikan penghargaan pejuang kemanusiaan kepada salah seorang PMI di Korsel yang telah menyelamatkan seorang wanita warga negara Korsel yang tenggelam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close