Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPJPH Percepat Asesmen Tiga Lembaga Halal Luar Negeri di Belanda

Selasa, 21 Mei 2024 – 16:21 WIB
BPJPH Percepat Asesmen Tiga Lembaga Halal Luar Negeri di Belanda - JPNN.COM
Tim BPJPH Kemenag saat melakukan percepatan asesmen atau penilaian terhadap LHLN di Amsterdam, Belanda. Foto: dokumentasi BPJPH

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) melakukan percepatan asesmen atau penilaian Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) di berbagai negara mitra.

Terbaru, asesmen dilaksanakan kepada tiga LHLN di Belanda, yakni Total Quality Halal Correct Certification (TQHCC), Halal Feed and Food Inspection Authority, dan Halal Quality Control Group (HQC) The Netherlands Headquarters.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham mengatakan penilaian tersebut dilakukan atas pengajuan akreditasi dan permohonan saling keberterimaan yang telah diajukan oleh ketiga lembaga halal tersebut kepada BPJPH.

"Sejak tanggal 15 Mei lalu, kami melakukan penilaian terhadap tiga Lembaga Sertifikasi Halal di Belanda yang dilakukan berdasarkan permohonan kerja sama kepada BPJPH yang telah diajukan sebelumnya," kata Aqil Irham di Amsterdam, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (21/5).

Ikut dalam delegasi asesmen LHLN Indonesia tersebut Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal BPJPH Abd Syakur, 3 orang asesor dan 3 orang sekretariat.

Setiba di Belanda, tim langsung menggelar pertemuan dengan pihak KBRI di Den Haag yang dihadiri Dubes RI Mayerfas, Direktur Halal Quality Control Netherlands Abdul Munim Al Chaman, DIrektur Total Quality Halal Correct Certification Ali Salah, dan Direktur Halal Feed and Food Inspection Authority Abdul Qayyum.

"Rangkaian kegiatan asesmen kami laksanakan mulai dari office assessment pada Halal Quality Control Netherlands pada tanggal 15 hingga 16 Mei lalu, dilanjutkan dengan Field Assessment di Cargill sehari kemudian," tutur Aqil Irham.

Kegiatan asesmen dilanjutkan dengan office assesment pada  Halal Feed and Food Inspection Authority pada 18-19 Mei 2024, dan Senin lalu (21/5) dilanjutkan dengan field assessment di Campina.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag melakukan percepatan asesmen atau penilaian Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) di Belanda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close