Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPJS Ketenagakerjaan dan ILO Gelar Forum Internasional Bahas Perlindungan Pengangguran

Rabu, 09 Oktober 2024 – 17:14 WIB
BPJS Ketenagakerjaan dan ILO Gelar Forum Internasional Bahas Perlindungan Pengangguran - JPNN.COM
BPJS Ketenagakerjaan bersama ILO menggelar forum internasional Asia Expert Roundtable On Unemployment Protection yang fokus membahas tentang praktik terbaik penyelenggaraan program perlindungan pengangguran di masing-masing negara. Foto: Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan bersama Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) menggelar Asia Expert Roundtable On Unemployment Protection.

Forum internasional yang diikuti 15 negara di Asia tersebut fokus membahas tentang praktik terbaik penyelenggaraan program perlindungan pengangguran di masing-masing negara.

Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor Leste Simrin Singh mengatakan sistem skema perlindungan pengangguran ini telah terbukti menjadi alat penting dalam mencegah kemiskinan, membangun ketahanan, dan menjadi stabilisator ekonomi dan sosial yang kuat selama masa krisis.

Program perlindungan pengangguran tersebut juga dianggap mampu memberikan dukungan kepada para pekerja yang terkena dampak negatif dari inovasi teknologi dan perubahan iklim.

Simrin turut membeberkan sebuah fakta menarik di mana dalam dua dekade terakhir, semakin banyak negara-negara Asia yang membangun skema perlindungan pengangguran, serta meningkatkan hubungan antara layanan ketenagakerjaan dengan pelatihan kejuruan.

“Ini adalah sebuah upaya bersama yang luar biasa, bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Ini adalah sebuah topik yang sangat penting untuk kawasan kita di Asia Pasifik, jadi tidak hanya untuk Indonesia saja," kata Simrin dalam keterangan resminya, Rabu (9/10).

Simrin menjelaskan sistem perlindungan sosial itu melindungi mereka yang paling rentan.

"Kita tahu kita pernah mengalami periode yang cukup sulit yaitu saat Covid-19 yang lalu di mana banyak sekali pekerja yang tadinya memiliki pekerjaan kemudian menjadi rentan karena kehilangan pekerjaan mereka,” ungkap Simrin.

Forum internasional yang digelar BPJS Ketenagakerjaan dan ILO fokus membahas praktik terbaik penyelenggaraan program perlindungan pengangguran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA