Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Budi Muliawan: Nilai Kebangsaan Menjadi Dasar Bijak Bermedia Sosial

MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan

Kamis, 09 Desember 2021 – 14:07 WIB
Budi Muliawan: Nilai Kebangsaan Menjadi Dasar Bijak Bermedia Sosial - JPNN.COM
Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Sekretariat Jenderal MPR, Budi Muliawan, SH, MH. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Sekretariat Jenderal MPR, Budi Muliawan, SH, MH, mengatakan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai-nilai yang terkandung di UUD NRI 1945 seharusnya dijadikan sebagai landasan masyarakat termasuk mahasiswa untuk bijak bermedia sosial.

Berbicara sebagai narasumber MPR Menyapa Sahabat Kebangsaan dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Menangkal Berita Bohong” di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Budi Muliawan menyatakan nilai-nilai itu, yakni religius, kemanusiaan, produktivitas, keseimbangan, demokrasi, kesamaan derajat, dan ketaatan hukum. 

“Nilai-nilai dalam konstitusi itu membuat manusia lebih beradab,” kata Budi Muliawan dalam acara yang digelar MPR di Ruang AR Lantai 5 Kampus UMY, Yogyakarta, Selasa (7/12), itu. 

Dia menjelaskan nilai religius yang terkandung dalam UUD NRI 1945 itu, antara lain, percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, saling menghormati serta bekerja sama antara pemeluk agama, saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah agama, dan tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain. 

Adapun nilai kemanusiaan, lanjut Budi Muliawan, misalnya mengakui persamaan derajat, hak, dan kewajiban antara sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa, tidak semena-mena terhadap orang lain, dan menunjung tinggi nilai kemanusiaan. 

Dia menambahkan produktivitas, antara lain, perlindungan terhadap masyarakat dalam beraktivitas. 

Nilai keseimbangan, antara lain, menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara secara proporsional, tidak memaksakan kehendak, saling toleransi, keseimbangan hidup jasmani dan rohani. 

Nilai demokrasi adalah kedaulatan berada di tangan rakyat yang berarti setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung jawab sehingga terwujud persatuan dan kesatuan Indonesia.

Budi Muliawan mengingatkan mahasiswa akan pentingnya menjadikan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam UUD NRI 1945 sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close