Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka Peluang Ekspor Gula

Proteksi Lokal Lewat Kenaikkan Bea Masuk

Jumat, 21 November 2008 – 13:46 WIB
Buka Peluang Ekspor Gula - JPNN.COM
JAKARTA - Produksi gula nasional saat ini lebih tinggi dibanding kebutuhan domestik. Kondisi ini yang mendorong pemerintah untuk melakukan ekspor gula tahun depan. Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurthi mengatakan, produksi gula tahun ini dari PT Perkebunan Nasional (PTPN) sudah naik 1 juta ton. "Produksi gula total naik menjadi 2,7 juta ton. Besar sekali, hampir 40 persen naiknya," kata Bayu di Kantor Depkeu, Jakarta, kemarin (20/11).

Ekspor gula ini menjadi peluang yang harus serius dimanfaatkan. "Karena di satu sisi pasar dunia masih tetap terbuka dan kita punya produksi yang bisa masuk ke pasar dunia," ujarnya.

Dia menghitung total konsumsi gula nasional mencapai 3,5 juta ton. Ini dengan perhitungan kebutuhan rumah tangga sekitar 2 juta ton dan industri 1,5 juta ton. Sedangkan produksi gula nasional tahun ini sebanyak 2,7 juta ton berbentuk gula kristal putih dan 1,5 juta ton gula rafinasi. Sehingga total produksi mencapai 4,2 juta ton. Dengan konsumsi sekitar 3,5 juta ton, maka masih ada surplus gula sekitar 700 ton.

Bayu mengatakan untuk mengekspor komoditas seperti beras dan gula, memang harus melihat kebutuhan dalam negeri terlebih dahulu. Jika pasokan dan harga dalam negeri dipastikan aman, keran ekspor baru bisa dibuka. Untuk 2009, dia memproyeksikan produksi gula kristal putih masih akan naik sebesar 5 persen atau 210 ribu ton dari prosuksi 2008.

JAKARTA - Produksi gula nasional saat ini lebih tinggi dibanding kebutuhan domestik. Kondisi ini yang mendorong pemerintah untuk melakukan ekspor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA