Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buka Praktik Tanpa SIPP, Perawat Divonis 3 Bulan Penjara

Jumat, 16 Maret 2018 – 00:36 WIB
Buka Praktik Tanpa SIPP, Perawat Divonis 3 Bulan Penjara - JPNN.COM
Pelaku ditahan. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Harsono Eko Saputro, S. Kep. Ns Bin H. Akso,29, perawat asal Dusun Sumberasri, Desa/ Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jatim, divonis tiga bulan penjara. Kasus ini mendapat perhatian banyak kalangan.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dokter Widji Lestariono mengatakan, setiap perawat yang hendak melakukan praktik mandiri maupun praktik di fasilitas kesehatan (faskes) wajib memiliki Surat Izin Praktik Perawat (SIPP).

Menurut, Rio panggilan akrab Dokter Widji Lestariono, setiap perawat yang praktik wajib memiliki Surat Izin Praktik Perawat (SIPP), dan SIPP wajib dimiliki oleh yang bersangkutan untuk bekerja baik di faskes maupun di praktik mandiri di rumah (pribadi).

Perawat yang hendak menjalankan profesinya sebagai perawat atau dengan kata lain akan menjalankan praktik keperawatan juga diwajibkan untuk memiliki STR (Surat Tanda Registrasi). STR tersebut diberikan oleh Konsil Keperawatan.

Dengan sudah adanya landasan hukum berupa Undang-Undang Keperawatan, maka perawat-perawat yang terjun ke dalam masyarakat harus benar-benar perawat yang berkompetensi dan diakui oleh negara, yakni yang telah mendapatkan izin dalam bentuk STR.

Sementara bagi perawat yang hendak membuka praktik keperawatan mandiri, wajib bagi mereka untuk memiliki izin berupa SIPP (Surat Izin Praktik Perawat).

SIPP diberikan oleh Pemerintah Daerah kabupaten/kota atas rekomendasi pejabat kesehatan yang berwenang di kabupaten/kota tempat perawat menjalankan praktiknya.

Sementara untuk pemberian obat, jelas Rio ada beberapa golongan, seperti obat bebas atau yang bisa dibeli sendiri di toko obat, warung dan dijual bebas. Tapi juga ada obat yang harus dengan resep dokter.

Harsono Eko Saputra, perawat yang membuka praktik tanpa Surat Ijin Praktik Perawat (SIPP), divonis 3 bulan penjara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close