Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bulan Bergeser, Malam Makin Panas

Senin, 23 Januari 2012 – 09:42 WIB
Bulan Bergeser, Malam Makin Panas - JPNN.COM
BOGOR - Tahun baru Cina atau Imlek identik dengan hujan sebagai pertanda datangnya rezeki dari langit. Namun, sejak tiga hari terakhir ini hujan hanya terjadi sementara saja dan tidak turun secara merata.

Setelah empat hari berturut-turut diguyur hujan (13-16/1) beberapa waktu lalu,  Bogor dan sekitarnya mulai dilanda hujan lokal yang menyebabkan panas. Padahal, Januari seharusnya hujan terus meninggi hingga mencapai puncaknya pada Februari mendatang.

Hal ini disebabkan oleh pergeseran dinamika cuaca yang membuat  udara dalam empat hari kemarin lebih dingin sehabis diguyur hujan. Fase ini dinamakan Tropical Cyclone Heidi yang mengakibatkan hujan turun tanpa henti. Dan, berganti panas karena hujan lokal yang turun pada siang hari.

Kabid Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Dramaga, Hendi Antono mengatakan, fase ini terjadi akibat adanya pergeseran bumi ke arah selatan matahari, sehingga membuat udara panas pada malam hari. “Hal ini disebabkan juga oleh mendung yang menyelimuti langit pada malam hari,” ujarnya kepada Radar Bogor (Grup JPNN).

BOGOR - Tahun baru Cina atau Imlek identik dengan hujan sebagai pertanda datangnya rezeki dari langit. Namun, sejak tiga hari terakhir ini hujan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA