Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Calon Jemaah Haji Diminta Tak Takut Lakukan Vaksin Miningitis

Selasa, 23 April 2024 – 14:41 WIB
Calon Jemaah Haji Diminta Tak Takut Lakukan Vaksin Miningitis - JPNN.COM
Ilustrasi: Petugas Haji Daerah (PHD) embarkasi Sultan Iskandar Muda, Aceh mendapat suntikan vaksin meningitis di Banda Aceh, Aceh, Jumat (19/4/2024). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/wpa.

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dirga Sakti Rambe meminta kepada para calon jemaah haji untuk tidak takut melakukan vaksin meningitis sebelum menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Dalam diskusi mengenai vaksin meningitis yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa, Dirga menekankan vaksin meningitis diperlukan oleh semua calon jemaah haji, meskipun Indonesia bukan termasuk negara endemik bakteri Neisseria meningitidis yang menyebabkan penyakit tersebut.

"Bayangin, ini kan kalau haji jemaah seluruh dunia berkumpul, dari Indonesia, Asia, Afrika, semua dalam waktu yang cukup panjangnya sebulan lebih. Di sana kita akan berinteraksi dengan jemaah-jemaah, termasuk dari jamaah negara-negara yang dikenal punya kasus meningitis banyak," ujar dia dikutip dari Antara, Selasa (23/4).

Vaksin tersebut, kata Dirga, berfungsi sebagai pelindung jemaah haji dari penyakit meningitis yang bisa ditularkan oleh jamaah asal negara-negara lain, demi kenyamanan dan kelancaran ibadah jamaah haji Indonesia, sekaligus sebagai upaya pencegahan masuknya penyakit tersebut ke Tanah Air.

Dia menilai seluruh jamaah rentan tertular akan penyakit meningitis, terlebih kepada jamaah lansia, atau jamaah dengan penyakit bawaan tertentu.

Dirga mengajak kepada seluruh jamaah untuk melakukan vaksin meningitis sebagai sebuah upaya perlindungan diri, bukan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menggugurkan kewajiban jamaah haji sebelum berangkat saja.

"Jadi, kami vaksinasi itu bukan karena kewajiban, tetapi dipahami ini sebagai untuk melindungi kesehatan kita. Dan tadi, ketika bicara meningitis, taruhannya adalah nyawa, karena melibatkan otak," tegasnya.

Untuk diketahui Pemerintah Indonesia memberikan vaksin meningitis secara cuma-cuma kepada calon jamaah haji. Vaksin meningitis akan diberikan kepada jamaah saat proses pemvisaan.

Para calon jemaah haji diminta untuk tidak takut melakukan vaksin miningitis sebelum ke Tanah Suci.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Spesialis Trisula

    Rabu, 01 Mei 2024 – 07:39 WIB
    Spesialis Trisula - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Dokter Spesialis

    Selasa, 30 April 2024 – 07:44 WIB
    Dokter Spesialis - JPNN.com
  • Kesehatan

    Bolehkah Mengemudi 8 Jam Penuh? Dokter Bilang Begini

    Selasa, 16 April 2024 – 06:54 WIB
    Bolehkah Mengemudi 8 Jam Penuh? Dokter Bilang Begini - JPNN.com
  • All Sport

    Dokter Spesialis Bedah Terpilih Pimpin Taekwondo Papua

    Sabtu, 16 Maret 2024 – 16:50 WIB
    Dokter Spesialis Bedah Terpilih Pimpin Taekwondo Papua - JPNN.com
X Close