Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catat! Ini Cara Mengakses Telemedisin untuk Pasien Covid-19

Sabtu, 19 Februari 2022 – 13:12 WIB
Catat! Ini Cara Mengakses Telemedisin untuk Pasien Covid-19 - JPNN.COM
Kemenkes mengungkapkan cara mendapatkan layanan telemedisin bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman. Tangkapan layar layanan telemedisin

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) bisa mendapatkan layanan telemedisin.

Fasilitas itu bisa diakses melalui beberapa jalur secara gratis. Adapun daerah-daerah yang bisa mengakses layanan telemedisin ialah Jabodetabek, Karawang, Bandung, Semarang Raya, Surakarta Raya, Kota Yogyakarta, Surabaya Raya, Malang Raya, Kota Denpasar, dan Nusa Dua.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan layanan telemedisin ini sudah diperluas ke kota-kota besar di Jawa dan Bali.

Kemudian, mulai hari ini (19/2), Kemenkes juga akan memperluas layanan telemedisin ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Layanan telemedisin terus ditingkatkan dan diperluas untuk membantu agar masyarakat yang isoman dapat memperoleh fasilitas pengobatan yang memadai, sehingga mereka tidak perlu dirawat di rumah sakit,” kata Nadia, dikutip dari keterangannya, Sabtu (19/2).

Dia menjelaskan pasien tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan yang dilayani fasilitas telemedisin sampai 14 Februari 2022 telah mencapai 158.075 untuk wilayah Jawa dan Bali.

Adapun jumlah pasien Covid-19 sudah mendapatkan layanna konsultasi dan resep elektronik sebanyak 136.028 jiwa.

Kemudian, 129.100 resep obat telah dikirimkan ke rumah pasien, dan 85 persen di antaranya menerima obat H+1 sejak dipesan.

Kemenkes mengungkapkan cara mendapatkan layanan telemedisin bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close