Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catatan Kritis dan Pujian dari ALMISBAT untuk Setahun Jokowi-Ma'ruf

Selasa, 20 Oktober 2020 – 18:34 WIB
Catatan Kritis dan Pujian dari ALMISBAT untuk Setahun Jokowi-Ma'ruf - JPNN.COM
Pilpres 2019: Joko Widodo saat menghadiri kampanye akbar bertema Konser Putih Bersatu di SUGBK, Jakarta, Sabtu (13/4). Foto: Fathra N Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (ALMISBAT) memberikan catatan tentang setahun pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Organisasi aktivis yang menjadi sukarelawan pendukung Jokowi pada Pilpres 2014 dan 2019 itu menyampaikan apresiasi sekaligus kritik bagi pemerintahan saat ini.

"Sebagai pendukung, kami memosisikan diri sebagai mitra kritis pemerintah dan memiliki visi tentang Indonesia yang demokratis dan berkeadilan sosial," ujar Ketua Umum Badan Pengurus Nasional ALMISBAT Hendrik Sirait melalui layanan pesan kepada jpnn.com, Selasa (20/10).

Menurut Hendrik, hal yang masih menonjol dalam setahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf ialah politik akomodasi dan permufakatan antarelite. Aktivis hak asasi manusia (HAM) itu lantas mencontohkan permufakatan antarelite yang memunculkan citra negatif, yakni lain revisi UU KPK, Omnibus Law Cilta Kerja, serta program food estate.

Hendrik mengatakan, citra negatif itu sebenarnya bisa dihindari andai perumusan kebijakan tersebut melalui legislasi yang transparan dan melibatkan semua pemangku kepentingan. Selain itu, semestinya ada komunikasi politik yang kuat dari pemerintah guna meyakinkan publik bahwa kebijakan tersebut penting dan perlu dibuat.

"Selama setahun terakhir ini komunikasi politik tampak terlihat menjadi salah satu titik terlemah pemerintah. Komunikator pemerintah gagal dan nampak kedodoran meluruskan informasi dan misinformasi di ranah publik yang begitu masif," sambungnya.

Namun, ALMISBAT juga menyampaikan pujiannya atas capaian pemerintahan Presiden Jokowi. Dalam catatan ALMISBAT, nilai plus pemerintahan saat ini ada pada pengembangan konektivitas melalui pembagunan infrasruktur dan maritim, reformasi agraria melalui program Perhutanan Sosial, serta reformasi di bidang energi beserta green economy.

"Capaian strategis itu menunjukkan bahwa Presiden Jokowi konsisten dengan kebijakan yang ada, serta memosisikan diri sebagai bagian dari proses lintasan historis di negeri ini," papar Hendrik.

Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (ALMISBAT) memberikan catatan tentang setahun pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close