Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

CBS: Stabilitas Sektor Keuangan Semakin Baik, BI dan OJK Layak Dapat Pujian

Oleh: Achmad Deni Daruri

Kamis, 07 Februari 2019 – 23:50 WIB
CBS: Stabilitas Sektor Keuangan Semakin Baik, BI dan OJK Layak Dapat Pujian - JPNN.COM
Presiden Direktur Centre For Banking Crisis (CBC) Achmad Deni Daruri. FOTO: Dok.pri

jpnn.com, JAKARTA - Memasuki tahun 2019, penjaga gawang sektor keuangan yaitu Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat layak mendapatkan pujian karena di tengah tekanan kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, justru stabilitas sektor keuangan Indonesia menjadi semakin prima. 

Ibaratnya, tahun 2018 adalah tahun kawah candradimuka. Tahun 2019 akan mudah dilewati dengan pengalaman yang telah dialami dalam tahun 2018 yang lalu.  

Kemampuan Bank Indonesia dan OJK menjaga stabilitas sector keuangan terlihat dari peningkatan keyakinan konsumen sangatlah terukur. 

Pada galibnya bukti stabilitas yang membaik itu tercermin dari perbaikan persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan. 

Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Desember 2018 menjadi 127,0 poin dari sebelumnya berada pada 122,7 pada bulan November 2018. 

Pada tahun 2018, rata-rata IKK adalah sebesar 123,6 lebih tinggi dari rata-rata tahun 2017. 

Tren ini terlihat semakin moncer pada kuartal terakhir tahun 2018 dimana rata-rata tingkat IKK berada pada angka 123,0. 

Jumlah ini tercatat meningkat jika dibandingkan pada kuartal sebelumnya. Bank Indonesia dan OJK telah secara lihai mampu menjaga keyakinan pasar di tengah hantaman ancaman pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat pada tahun 2018 yang lalu. 

Memasuki tahun 2019, penjaga gawang sektor keuangan yaitu Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sangat layak mendapatkan pujian. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close