Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

CCSIKD, Pracetha dan Mitsui Teken Kerja Sama Pengembangan Jaringan Kabel Bawah Laut Antarpulau

Jumat, 15 September 2023 – 14:35 WIB
CCSIKD, Pracetha dan Mitsui Teken Kerja Sama Pengembangan Jaringan Kabel Bawah Laut Antarpulau - JPNN.COM
Penandatanganan Perjanjian Usaha Patungan bidang telekomunikasi, baru baru ini di Jakarta, baru-baru ini. Foto: Tim CCSKID.

jpnn.com - JAKARTA - PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta) dan Mitsui & Co., Ltd - Jepang, menandatangani Perjanjian Usaha Patungan dengan visi mengubah lanskap sektor telekomunikasi Indonesia.

Inisiatif tersebut bertujuan mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau sepanjang 4.100 kilometer yang diberi nama Varuna Cable Systems (Varuna).

Perusahaan patungan tersebut akan membangun jaringan yang menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia, termasuk di dalamnya Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan dan Madura.

Proyek jaringan ini diyakini akan berperan penting dalam menyediakan konektivitas digital ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Varuna muncul sebagai pilar utama mendorong perwujudan visi teknologi Indonesia ke depan.

Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia Shinichi Kikuchihara menjelaskan proyek Varuna akan lebih fokus pada pembangunan bangsa, terutama kawasan timur Indonesia.

Menurutnya, inisiatif ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa, tetapi juga selaras dengan visi perusahaan dalam pengembangan infrastruktur digital. 

"Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek Varuna, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang  lebih cerah bagi Indonesia," kata Shinichi kepada awak media.

CCSIKD, Pracheta dan Mitsui & Co., Ltd membangun usaha patungan (joint venture) untuk pencanangan proyek kabel bawah laut menghubungkan antarpulau Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close