Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Tandatangani 4 Perjanjian Kerja Sama Transisi Energi di IISF 2024

Jumat, 06 September 2024 – 19:35 WIB
Pertamina Tandatangani 4 Perjanjian Kerja Sama Transisi Energi di IISF 2024 - JPNN.COM
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (kanan) menandatangani Joint Study Agreement di sela acara Indonesia International Sustainability Forum (IISF 2024) di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (5/9). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menandatangani empat perjanjian yang menjadi rangkaian kegiatan Indonesia International Sustainability Forum (IISF) 2024 yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Keempat perjanjian kerja sama tersebut, yakni Joint Study Agreement (JSA) antara Pertamina, Pertamina Hulu Energi (PHE), dan Korea Maritime & Ocean University Consortium (KMOUC).

Selain itu, sinergi antara Pertamina dan Pupuk Indonesia sebagai bentuk sinergi BUMN dalam kajian bersama pengembangan potensi CCS/CCUS.

Pertamina Group juga melakukan sinergi melalui JSA mengenai Feasibility Study on Carbon Capture, Transportation and Storage dengan blok Offshore ONWJ sebagai fasilitas penyimpanan karbon.

Terakhir, Pertamina Grup menandatangani perjanjian JSA CCS & CEO Strategc Exchange bersama dengan POSCO.

VP Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso menyampaikan penandatanganan ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam menghadapi perubahan iklim.

"Pertamina mendukung penuh upaya pemerintah mewujudkan Net Zero Emission melalui beberapa perjanjian kerja sama studi dalam mengembangkan Teknologi CCS/CCUS, tak hanya dengan perusahaan dari luar negeri, sinergi antar-BUMN pun akan kami tingkatkan," ujar Fadjar.

Penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan Pertamina di IISF 2024 itu sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menegaskan pentingnya melibatkan kolaborasi dalam menangani perubahan iklim dan menjalankan transisi energi.

IISF 2024: Bukti nyata kolaborasi untuk perubahan iklim, Pertamina tandatangani 4 perjanjian kerja sama transisi energi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA