Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Ledakan Hama Penyakit, Kementan Ajak Petani Gunakan Pestisida Secara Bijak

Jumat, 08 Desember 2023 – 06:09 WIB
Cegah Ledakan Hama Penyakit, Kementan Ajak Petani Gunakan Pestisida Secara Bijak - JPNN.COM
Ditjen Hortikultura Kementan mengajak petani komoditas hortikultura untuk tidak menggunakan herbisida dan pestisida secara bijak. ilustrasi. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) mengimbau petani komoditas hortikultura untuk tidak menggunakan herbisida dan pestisida secara berlebihan.

Direktur Perlindungan Hortikultura Jekvy Hendra mengungkapkan penggunaan herbisida dan pestisida yang tidak bijak bisa menyebabkan ledakan (outbreak) hama dan penyakit.

"Ledakan hama penyakit itu terjadi dengan berbagai macam faktor. Pertama, ketidaksesuaian lingkungan yang sudah ada. Kedua, dari varietas yang digunakan. Ketiga, penggunaan herbisida dan pestisida yang berlebih," kata Jekvy Hendra dalam keterangannya, Jumat (8/12).

Penggunaan pestisida yang berlebihan masih sering terjadi di lahan-lahan pertanian.

Alih-alih mencegah hama dan penyakit, penggunaan berlewahan bahan kimia ini justru memicu munculnya beraneka macam hama dan penyakit.

"Ini yang banyak terjadi. Jadi, ada orang yang menggunakan herbisida dan pestisida berlebihan yang kemudian memunculkan banyak-banyak hama dan penyakit yang beraneka macam di lapangan," ungkap dia.

Di beberapa kasus saat lonjakan hama dan penyakit, lanjut Jekvy Hendra, terkadang petani menggunakan tiga hingga empat pestisida.

Masalahnya, jenis yang petani gunakan tersebut bahan aktifnya sama semua.

Ditjen Hortikultura Kementan mengajak petani komoditas hortikultura untuk tidak menggunakan herbisida dan pestisida secara bijak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close