Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Cegah Penyakit, Mulai Hidup Sehat dengan Berhenti Merokok

Sabtu, 05 September 2020 – 20:28 WIB
Cegah Penyakit, Mulai Hidup Sehat dengan Berhenti Merokok - JPNN.COM
Barang bukti rokok ilegal. Foto Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Anggia Ermarini mengatakan rokok tidak hanya menjadi masalah kesehatan, bahkan ada studi yang memberikan gambaran bahwa merokok berkontribusi terhadap stunting.

"Ini sangat menyedihkan dan menjadi concern luar biasa," kata Anggia dalam diskusi virtual "Pandemi, Harga Cukai, dan Naik Perokok Anak", Sabtu (9/5).

Anggia mengatakan persoalan prevalensi anak yang merokok naik  tidak hanya harus dilihat dari harga yang murah, dan faktor lingkungan.

"Satu hal lagi perlu dicermati bahwa iklan rokok itu keren banget. Iklan rokok yang di Indonesia terutama yang keren banget," sindirnya. 

Dia menjelaskan, sebenarnya apa yang ditampilkan iklan itu tidak ada hubungannya atau tak menampilkan produk rokok.  Namun, kata dia, memperlihatkan seseorang yang terlihat keren di iklan rokok itu. 

"Ini menjadi bagian juga dari orang atau remaja yang pengin juga mencoba untuk merokok," kata Anggia. 

Lebih jauh Anggia mengatakan bahwa pidato Presiden Joko Widodo alias Jokowi beberapa waktu lalu, juga menyinggung dua hal tentang kesehatan.

Pertama, pencegahan penyakit. Kedua, pola hidup sehat. Selebihnya ada jaminan kesehatan, fasilitas layanan kesehatan dan sebagainya.

loading...