Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cek Fakta: Apakah AMDK dari Galon PC Bisa Bikin Mandul?

Kamis, 12 September 2024 – 21:09 WIB
Cek Fakta: Apakah AMDK dari Galon PC Bisa Bikin Mandul? - JPNN.COM
Cek fakta, apakah benar air minum dalam kemasan atau AMKD dari galon PC bisa bikin mandul? ilustrasi. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Perkumpulan Ginekologi Indonesia (POGI) Abraham Dian Winarto menjelaskan air minum dalam kemasan (AMDK) bukan penyebab infertilitas atau kemandulan serta gangguan kesehatan lainnya.

Abraham menyebut korelasi antara air dalam galon polikarbonat (PC) dan kemandulan masih butuh penelitian lebih lanjut.

"Sampai sejauh ini yang dibilang kasus mandul karena air kemasan galon, selama saya praktek selama 15 tahun ini sih enggak ada tuh," kata Abraham dikutip, Kamis (12/9).

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan itu menjelaskan infertilitas merupakan gangguan kesuburan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal dan eksternal.

Namun, belakangan beredar informasi kalau meminum air dari galon berbahan PC atau guna ulang bisa menyebabkan infertilitas.

"Intinya suatu air kemasan yang beredar apalagi bermerek tentunya sudah melalui prosedur yang ketat dari BPOM sehingga pasti aman," tambahnya.

Lebih lanjut, Abraham menjelaskan faktor penyebab infertilitas dibagi dua yakni internal dan eksternal.

Faktor internal terdiri dari masalah hormonal yang berarti gangguan pada hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron sehingga mengganggu ovulasi pada wanita atau produksi sperma pada pria.

Cek fakta, apakah benar air minum dalam kemasan atau AMKD dari galon PC bisa bikin mandul?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA