Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cek Pembangunan Embung Hasil Hibah Warga di Kalibareng, Ganjar: Ini Lebih Hebat Lagi

Sabtu, 22 Oktober 2022 – 13:18 WIB
Cek Pembangunan Embung Hasil Hibah Warga di Kalibareng, Ganjar: Ini Lebih Hebat Lagi - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lahan pembangunan Embung Desa Kalibareng, Patean, Kabupaten Kendal, Jateng, Jumat (21/10). Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, KENDAL - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lahan pembangunan Embung Desa Kalibareng, Patean, Kabupaten Kendal, Jateng, Jumat (21/10).

Selain dibangun dari bantuan keuangan (bankeu) Pemprov Jateng sebesar Rp 3,47 miliar, lahan embung tersebut juga didapat dari hibah seorang warga.

Subari (60), salah satu petani dari Kelompok Tani (Poktan) di Desa Kalibareng yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan embung seluas 1.800 meter persegi.

"Pak Subari ini punya lahan di sini, dan ketika kemudian diusulkan agar dibuatkan embung, dia ikhlas memberikan tanahnya. Ini contoh yang menurut saya bagus sekali," ujar Ganjar.

Di samping membantu warga sekitar, kata Ganjar, Subari juga mempercepat kerja pemerintah. Pasalnya, pembangunan menjadi cepat karena tidak perlu melakukan pembebasan tanah.

"Kalau modelnya semacam ini, pemerintah bisa lebih banyak lagi dan cepat. Tidak usah membebaskan tanah, cepat. Ini lebih hebat lagi punya pribadi," kata Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar menjelaskan, waduk mini ini bisa menampung hujan dan mata air di atas embung, yang sebelumnya kerap menjadi penyebab banjir dan persoalan-persoalan lain.

Pria 53 tahun ini berharap, air yang masuk bisa di-manage dan didistrubusikan ke warga lagi.

Ganjar menjelaskan, waduk mini ini bisa menampung hujan dan mata air di atas embung, yang sebelumnya kerap menjadi penyebab banjir dan persoalan-persoalan lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close