Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Meski Berasal dari Luar Kota, Frida Tetap Dilayani dengan Baik di RSUD Biak

Kamis, 14 Maret 2024 – 19:09 WIB
Meski Berasal dari Luar Kota, Frida Tetap Dilayani dengan Baik di RSUD Biak - JPNN.COM
Dampak Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat besar kepada para pesertanya yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan. Foto: dok JKN

jpnn.com, JAKARTA - Dampak Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat besar kepada para pesertanya yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Keberadaan Program JKN terbukti dapat meringankan beban masyarakat dan membuat orang-orang tak lagi takut berobat karena faktor biaya yang mahal.

Hal inilah yang dirasakan Frida Ester Rumander (40), salah satu peserta JKN yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak karena sakit yang dideritanya.

“Awalnya saya dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena merasakan nyeri di perut. Setelah diperiksa, ternyata ada cairan di perut. Saya dirawat di sini kurang lebih sudah seminggu. Untungnya kondisi saya sekarang sudah jauh lebih baik dari kemarin. Sekarang juga sudah bisa duduk, kemarin hanya bisa terbaring lemas di kasur,” kata Frida seperti dikutip, Kamis (14/3).

Frida adalah peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN).

Dia merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan mempunyai hak kelas perawatan kelas satu. Dirinya juga menambahkan bahwa kondisinya yang cepat membaik ini karena tindakan dari dokter dan perawat di RSUD Biak yang cekatan saat menanganinya.

“Selama mendapatkan perawatan di rumah sakit, saya mendapatkan pelayanan yang sangat baik, mulai dari fasilitas hingga petugas di rumah sakit. Selain ramah, juga tidak ada perbedaan yang diberikan antara saya selaku pasien BPJS Kesehatan maupun pasien umum lainnya,” ujarnya.

Frida terkesan karena dalam pengobatan ini, ia dan keluarga tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Ia menuturkan bahwa ia tidak berdomisili di Kabupaten Biak Numfor melainkan hanya sedang berlibur dan bertempat tinggal di Sempan, Kabupaten Mimika.

Dampak Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat besar kepada para pesertanya yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close