Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Chandra: Komitmen Presiden Jokowi Diuji

Minggu, 04 April 2021 – 09:15 WIB
Chandra: Komitmen Presiden Jokowi Diuji - JPNN.COM
Presiden Jokowi berharap sektor sektor perbankan dan pasar modal kembali normal usai vaksinasi Covid-19. Foto: Ricardo/arsip JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan menyoroti langkah KPK menghentikan penyidikan alias SP3 kasus dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan tersangka tersangka Sjamsul Nursalim.

Chandra mengatakan SP3 perdana di lembaga antirasuah untuk kasus yang terindikasi merugikan negara Rp 4,58 triliun itu merupakan produk pascarevisi UU KPK.

"Perlu diketahui korupsi adalah kejahatan yang dapat dinilai sebagai kejahatan luar biasa dikarenakan terdapat intrik, melibatkan banyak pihak termasuk juga oknum pemegang kekuasaan," ucap Chandra dalam pendapat hukumnya yang yang diterima JPNN.com, Minggu (4/4).

SP3 kasus BLBI itu menurut Chandra bertolak belakang dengan dengan penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan lembaga antikorupsi sebelum dilakukan revisi UU KPK.

"Dalam UU KPK lama tidak mengenal gigi mundur yang ada adalah gigi maju, artinya proses hukum harus terus berlanjut hingga kerugian negara kembali dan pelaku ditindak," ucap Chandra.

Untuk mengembalikan gigi maju di KPK, ketua eksekutif BPH KSHUMI itu mendorong Presiden Jokowi menerbitkan Perppu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang) untuk mencabut UU tentang KPK mengganti dan mengembalikan UU yang lama.

"Komitmen presiden diuji terkait hal ini. Jangan salahkan masyarakat apabila menilai SP3 KPK adalah hasil produk hukum di masa Presiden Joko Widodo," ujar Chandra.

Terakhir, dia menyebut masyarakat bisa menempuh upaya hukum atas tindakan lembaga yang kini dipimpin Firli Bahuri menerbitkan SP3 BLBI.

Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan mendorong Presiden Jokowi menerbitkan Perppu membatalkan revisi UU KPK pasca terbitkan SP3 BLBI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close