Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

China Beli 24 Sukhoi Su-35 Rusia

Senin, 26 November 2012 – 12:48 WIB
China Beli 24 Sukhoi Su-35 Rusia - JPNN.COM
MOSCOW - Rusia menyetujui penjualan 24 Sukhoi Su-35 ke China senilai USD1,5 miliar atau sekitar Rp14,25 triliun. Perusahaan Rosoboronexport Rusia dan Kementerian Pertahanan Nasional China telah mencapai kesepakatan awal dengan rincian akan dibahas dalam pertemuan di Beijing antara Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu dan Presiden China Hu Jintao.

Pesawat tempur tersebut bakal dilengkapi mesin 117S yang dirancang perusahaan Rusia NPO Saturn. Sedangkan kontrak ini diharapkan akan ditandatangani tahun depan atau 2014, dan pengiriman jet tempur tersebut bakal dimulai 2015.

Menurut asiadefence, sebelumnya Moskow telah memutuskan tidak menjual 48 pesawat Su-35s, atau  disebut "generasi fourth plus plus" senilai lebih dari USD4 miliar itu ke China, setelah Beijing memintanya tahun lalu. Analis menyimpulkan alasan utama Rusia tidak menjual pesawat multifighter ini terkait adanya risiko pihak China bakal melakukan reverse engineering.

Seperti diketahui, hubungan kedua negara sempat memanas karena Beijing membatalkan pesanan 95 Su-27 Rusia tahun lalu setelah negeri tirai bambu itu meluncurkan produksi J-11, yang diduga merupakan replika dari Su-27. Hal ini menyebabkan Moskow memutuskan untuk tidak menjual pesawat tempur Su-33 berbasis kapal induk untuk Angkatan Laut China. Beijing sendiri kemudian merancang versi sendiri, J-15, berkiblat pada satu pesawat Su-33 yang diperoleh dari Ukraina.

MOSCOW - Rusia menyetujui penjualan 24 Sukhoi Su-35 ke China senilai USD1,5 miliar atau sekitar Rp14,25 triliun. Perusahaan Rosoboronexport Rusia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close