Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cianjur Punya Cagar Alam Gunung Simpang yang Masih 'Perawan'

Selasa, 31 Desember 2019 – 00:30 WIB
Cianjur Punya Cagar Alam Gunung Simpang yang Masih 'Perawan' - JPNN.COM
Hutan Lindung Cagar Alam Gunung Simpang di Cianjur. Foto: Radar Cianjur

jpnn.com - Cianjur, terutama bagian selatan, tak pernah kehabisan menawarkan eksotisme alamnya. Salah satunya adalah kawasan Hutan Lindung Cagar Alam Gunung Simpang. Kawasan yang berada di dua kecamatan, yakni Cidaun dan Naringgul itu bukan saja layak dikunjungi. Tapi juga menjadi salah satu hutan di Jawa Barat yang kondisinya masih utuh atau ‘perawan’.

LAPORAN: Jajang A Sugiarto, NARINGGUL

Cianjur harus berbangga memiliki karunia alam yang cukup luar biasa melimpah. Mulai dari ujung utara sampai selatan. Mulai dari agrowisata, hutan sampai laut di pesisir selatan.

Salah satu yang masih utuh adalah Hutan Lindung Cagar Alam Gunung Simpang, yang juga menjadi salah satu hutan dengan kondisi masih utuh di Jawa Barat.

Kawasan Hutan Cagar Alam Gunung Simpang sendiri adalah kawasan hutan konservasi yang termasuk ke dalam Kawasan Suaka Alam. Fungsi kawasan ini sebagai penyangga kehidupan. Cagar Alam Gunung simpang pengelolaan serta pengawasannya berada di Resort Simpang, Balai Besar KSDA Jabar.

Selain masih utuh, Cagar Alam Gunung Simpang merupakan salah satu hutan konservasi yang masih sangat alami dan memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah, baik alamnya maupun kekayaan flora dan faunanya.

Keanekaragaman hayati di dalam kawasan hutan yang masih terjaga sebagai sirkulasi rantai makanan baik dan keseimbangan ekosistem di kawasan hutan.

Kepala Resort BKSDA Gunung Simpang Meri Juanda (33) menjelaskan, kawasan hutan cagar alam Gunung Simpang memiliki luasan lahan mencapai 14.756,20 Ha yang sudah ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Kehutanan SK.5756/menhut-VII/KUH/2014.

Hutan Lindung Cagar Alam Gunung Simpang berada di dua kecamatan, yakni Cidaun dan Naringgul, Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close