Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cipayung Plus Minta Persatuan Bangsa Dikedepankan dalam Pemilu 2024

Minggu, 24 Desember 2023 – 04:44 WIB
Cipayung Plus Minta Persatuan Bangsa Dikedepankan dalam Pemilu 2024 - JPNN.COM
Ilustrasi Pemilu/Pilpres. (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa meminta persatuan dan kesatuan tetap dijaga dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Ini dilakukan demi kepentingan bangsa Indonesia.

Hal ini dinyatakan para mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus. Organisasi aktivis mahasiswa ini, terdiri dari IMM, PMII, GMKI, HIKMAHBUDHI, LMND, KMHDI, PMKRI, KAMMI.

"Pemilu 2024 harus mengutamakan kepentingan rakyat, bangsa dan negara dalam platform persatuan nasional," kata Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IM) Abd. Musawir Yahya, Sabtu (23/12).

Persatuan nasional, lanjut Musawir harus dikedepankan dalam Pemilu. Hal tersebut demi meminimalisir polarisasi politik dalam proses maupun paska Pemilu.

Pemilu 2024, kata dia, harus dijadikan sebagai momentum pertarungan gagasan atau programatik untuk menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. "Baik dalam kehidupan global maupun nasional," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PP HIKMAHBUDHI) Wiryawan, mengatakan Cipayung Plus juga mendorong komitmen masing-masing calon presiden, calon wakil presiden serta partai politik (parpol) untuk memposisikan kaum muda bukan hanya sebagai obyek politik.

"Mendorong komitmen para capres-cawapres, anggota legislatif dan kepala daerah untuk mengatasi persoalan yang dihadapi kaum muda seperti akses pendidikan dan kesehatan," papar Wiryawan.

"Biaya tempat tinggal yang terjangkau, pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya, pendapatan yang memadai, respons atas perubahan iklim dan mengatasi persoalan korupsi," imbuhnya.

Cipayung Plus, kata dia, juga berkomitmen untuk mendorong dan mengawal Pemilu 2024 agar tetap berjalan dengan berkualitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close