Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cita-cita Mulia Selebgram Ganteng Ryan Goutama untuk Membahagiakan Ibunda Tercinta

Senin, 23 November 2020 – 17:00 WIB
Cita-cita Mulia Selebgram Ganteng Ryan Goutama untuk Membahagiakan Ibunda Tercinta - JPNN.COM
Selebgram Ryan Goutama. Foto: dok pribadi untuk JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perjalanan hidup yang dilalui selebgram Ryan Goutama ternyata tidak mudah. Pemilik akun Instagram @RyanGoutama dengan 90 ribu follower ini sudah bekerja keras sejak muda untuk membahagiakan ibunda tercinta.

Saat masih duduk di bangku SMA, Ryan Goutama berinisiatif menghasilkan uang sendiri tanpa harus merepotkan ibunya di rumah sebagai single parent. Menjadi anak broken home, tak membuat Ryan kalah dari keadaan. Ia ingin membuktikan bahwa anak broken home juga bisa sukses.

"Orang tua sudah pisah semenjak dari SD dulu. Jadi begitu SMA, aku rasa aku mesti buktiin kalau akupun bisa untuk cari biaya kuliah dan mulai cari-cari kerjaan. Mulai jadi SPB di event-event, SPB sepatu di mall, cuci piring di restoran, ikut-ikut kontes duta remaja, dan akhirnya mulai casting-casting," kata Ryan, yang mengaku beberapa kali mengalami penolakan, saat berbincang dengan media.

Saat masih SMA juga, Ryan pernah mencari beberapa beasiswa dan lolos di tahap psikotes dan interview. Namun pria kelahiran Jakarta 22 Agustus 1996 ini gagal di test fisik sebab ternyata ketahuan mengalami buta warna parsial.

"Awalnya aku kaget sih kalau ternyata aku buta warna parsial, karena selama ini aku taunya semua yang aku liat ini normal warnanya. Tapi setelah melalui serangkaian tes namanya Uji Ishihara, ternyata memang aku gak bisa membedakan beberapa warna. Sampai akhirnya banyak banget aku apply beasiswa jadi ketolak," jelas Ryan.

Ryan juga akhirnya paham bahwa pekerjaan tertentu mensyaratkan tidak buta warna sehingga wajar jika perguruan tinggi pun mensyaratkan untuk tidak buta warna seperti untuk pekerjaan dokter, apoteker, tentara, polisi, ahli kimia, ahli IT, desainer, petugas kepabeanan, serta pekerjaan-pekerjaan lain.

"Akhirnya aku pilih jurusan komunikasi di salah satu universitas swasta di Jakarta. Karena kayanya aku juga orangnya senang untuk ketemu orang baru, trus berbicara depan umum, jualan, bikin konten yang ternyata jurusan Public Relations juga inline sama bidang yang aku jalanin selama ini," ungkap Ryan.

Ryan pun mengalami bagaimana datang ke lokasi casting dengan naik angkot, kepanasan dan kehujanan serta kadang-kadang sampai di tempat casting dengan baju yang masih basah sebab tak mebawa baju ganti. Sampai akhirnya ada agensi yang mulai melirik karena semakin rajin casting dan juga menjadi kenal banyak orang. Dan sekali masuk iklan pertama, ternyata itu jadi batu lompatan buat kerjaan-kerjaan seperti FTV dan lain-lain.

Perjalanan hidup yang dilalui selebgram Ryan Goutama ternyata tidak mudah. Pemilik akun Instagram @RyanGoutama dengan 90 ribu follower ini sudah bekerja keras sejak muda untuk membahagiakan ibunda tercinta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close