Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

CPO Segera Masuk BBJ

Selasa, 10 Maret 2009 – 09:40 WIB
CPO Segera Masuk BBJ - JPNN.COM
JAKARTA- Indonesia terus berupaya memantapkan posisi sebagai negara utama produsen minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dunia. Untuk itu, perdagangan fisik CPO akan segera dilakukan di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).

     

Deputi Menneg BUMN Bidang Agro Industri, Perkebunan, dan Percetakan Agus Pakpahan mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan BBJ untuk memfinalisasi perdagangan CPO di pasar berjangka. "Kami ingin ada indeks harga CPO Indonesia," ujarnya Senin (9/3).

     

Menurut Agus, Kementerian BUMN terlibat aktif dalam persiapan masuknya CPO ke BBJ karena nantinya sebagian produksi BUMN perkebunan (PT Perkebunan Nusantara) akan ikut diperdagangkan di BBJ. "Saat ini, sistem perdagangannya tengah dibangun," katanya.

     

Agus mengatakan, sebagai salah satu produsen utama CPO di dunia, Indonesia memang kalah maju dibandingkan Malaysia yang sudah memiliki indeks harga CPO MDEX. Bahkan, perdagangan CPO dunia selama ini lebih banyak menggunakan acuan harga di pasar berjangka Rotterdam, Belanda.

     

JAKARTA- Indonesia terus berupaya memantapkan posisi sebagai negara utama produsen minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) dunia. Untuk itu, perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close