Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cybersecurity Hackathon Dibidik Jadi Penghubung Talenta Keamanan Siber dan Industri

Rabu, 30 November 2022 – 13:55 WIB
Cybersecurity Hackathon Dibidik Jadi Penghubung Talenta Keamanan Siber dan Industri - JPNN.COM
Mastercard Academy 2.0, bersama InfraDigital Foundation menyelenggarakan Cybersecurity Hackhaton & Job Fair 2022 telah dilaksanakan pada 28-29 November 2022. Foto: Dok InfraDigital Foundation

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menyebut kondisi demografi di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan perkembangan ekonomi dalam beberapa dekade terakhir.

Namun, pandemi Covid-19 membuat perekonomian dunia, termasuk Indonesia terhambat.

Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan terdapat peningkatan tingkat pengangguran dari yang sebelumnya 6.93 juta jiwa pada 2020 menjadi 8,75 juta jiwa di 2022.

Adapun tingkat pengangguran yang cukup ketara adalah pada lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Direktur Kebijakan Sumber Daya Manusia Kemananan Siber dan Sandi Negara, Deputi I, Mohamad Ikro mengatakan program Cybersecurity Hackhaton & Job Fair 2022 sangat bermanfaat bagi potensi penyerapan tenaga kerja di bidang cybersecurity.

"Juga bisa meningkatkan kompetensi generasi muda sehingga bisa update dan upskills serta bisa terserap di industri langsung yang sejalan program pemerintah untuk menyiapkan sembilan juta digital talent salah satu cybersecurity," ungkap Ikro dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (30/11).

Dengan jangkauan 32 provinsi dengan 350 SMK dan 240 universitas. Program pelatihan dan sertifikasi cybersecurity ini terdiri dari pelatihan online secara intensif, workshop soft skill, webinar karir, sertifikasi global CompTIA, dan program job channeling.

Program job channeling itu dimulai dengan dilaksanakannya Cyberwarriors Bootcamp atau dan diakhiri dengan job fair virtual.

BPS menunjukkan terdapat peningkatan tingkat pengangguran dari yang sebelumnya 6.93 juta jiwa pada 2020 menjadi 8,75 juta jiwa di 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close