Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dampak BBM Naik Harus Diantisipasi, Charles DPR Minta Pemerintah Segera Lakukan Ini

Kamis, 08 September 2022 – 17:15 WIB
Dampak BBM Naik Harus Diantisipasi, Charles DPR Minta Pemerintah Segera Lakukan Ini - JPNN.COM
Anggota Komisi XI DPR Charles Meikyansah meminta pemerintah segera mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM, begini sarannya. Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR Charles Meikyansah meminta pemerintah segera menyalurkan bantalan sosial melalui berbagai program bantuan yang merupakan bentuk pengalihan subsidi bahan bakar (BBM) kepada masyarakat.

“Bantalan sosial melalui berbagai program bantuan kepada masyarakat harus segera didistribusikan karena kenaikan BBM juga akan berdampak terhadap kenaikan berbagai komoditas kebutuhan lainnya,” kata Charles Meikyansah, Kamis (8/9).

Dia juga mendesak pemerintah mempercepat penyaluran subsidi bagi pekerja di sektor-sektor yang terdampak langsung terhadap kenaikan BBM.

Charles mencontohkan mereka yang terdampak langsung terhadap kenaikan BBM, seperti pekerja jasa transportasi umum dan ojek, pelaku UMKM, nelayan atau pekerja di sektor perikanan hingga pekerja di sektor pertanian dan pangan yang mengandalkan angkutan logistik.

Selain itu, dia juga mengingatkan pemerintah agar segera mendata mereka yang masuk dalam kategori orang miskin baru setelah kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi diberlakukan.

“Kami juga memberi catatan kepada pemerintah untuk memperhatikan kelompok masyarakat yang sebelum kenaikan BBM ada di atas garis kemiskinan dan tidak masuk radar bantuan langsung tunai (BLT)," sebutnya.

Charles menjelaskan kelompok masyarakat yang dimaksudkannya tersebut adalah kelas menengah paling bawah.

Menurutnya, masyarakat yang saat ini masuk di garis kemiskinan tersebut, di antaranya seperti buruh, pekerja informal perkotaan, petani/nelayan, bahkan ojek online (ojol), dan pengemudi taksi.

Anggota Komisi XI DPR Charles Meikyansah meminta pemerintah segera mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM, begini sarannya. Simak!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close