Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Danau Toba Siap Sambut 20 Tim Balap Dunia Perahu Motor F1Powerboat

Jumat, 13 Januari 2023 – 08:05 WIB
Danau Toba Siap Sambut 20 Tim Balap Dunia Perahu Motor F1Powerboat - JPNN.COM
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1Powerboat (F1H2O) di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, akan diikuti sekitar 20 tim.

Saat ini kesiapan lokasi balapan sudah mencapai 40 persen. Diharapkan pada 10 Februasi 2023 sudah sepenuhnya bisa dipergunakan.

“Kontainer yang akan mengangkut powerboat akan tiba 16 Januari mendatang sebanyak 12 kontainer dan pada februari enam kontainer,” jelas Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo RM Manuhutu.

Saat ini pemerintah sedang fokus merapikan kawasan Danau Toba dan hotel-hotel di sekitar lokasi, termasuk peremajaan beberapa titik. “Selain itu kami juga melakukan pelatihan-pelatihan bagi UMKM dan pelaku pariwisata khususnya terkait untuk hospitality," kata dia.

Odo pun optimistis gelaran F1H2O Danau Toba akan berjalan sukses seperti event balap motor MotoGP di Mandalika 2022. Hal ini karena animo masyarakat sekitar dan daerah lain yang cukup tinggi.

Dampak F1H2O ini diyakini juga akan sama seperti MotoGP Mandalika, bahkan seperti Piala Dunia di Qatar yang baru berakhir. Dampak yang akan dirasakan, katanya, bahkan tiga hingga empat tahun ke depan.

“Animonya sudah banyak, bahkan saya memperoleh informasi dari BUMN aviasi pariwisata, animonya sangat besar dan masyarakat ingin cepat-cepat dibuka penjualan tiketnya,” pungkas dia.

Danau Toba menjadi tuan rumah ke-40 setelah 39 kali ajang internasional tersebut digelar di berbagai negara.

Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1Powerboat (F1H2O) di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, akan diikuti sekitar 20 tim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close