Dapat Lampu Hijau, Erdogan Bersiap Luncurkan Operasi Militer di Libya

Jumat, 03 Januari 2020 – 23:32 WIB
Dapat Lampu Hijau, Erdogan Bersiap Luncurkan Operasi Militer di Libya - JPNN.COM

jpnn.com, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akhirnya mendapatkan perang yang diidam-idamkannya. Kemarin, Kamis (2/1), parlemen Turki menyetujui pengerahan pasukan ke Libya untuk mendukung pemerintahan GNA pimpinan PM Fayez Al-Sarraj.

Dilaporkan oleh Al Jazeera, lampu hijau bagi militer Turki itu disahkan melalui mekanisme voting dengan perolehan suara 325 setuju dan 184 menolak.

Meski demikian, pemerintah belum mengungkapkan rincian mengenai penempatan pasukan Turki di Libya tersebut, termasuk jumlah, waktu maupun misi yang ditangani.

Merespons lolosnya UU tersebut, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menelepon Erdogan. Menurut juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley, Trump mengatakan segala campur tangan asing akan mempersulit situasi di Libya.

Keinginan Erdogan untuk menempatkan pasukannya di Libya merupakan kelanjutan dari perjanjian yang disepakati dengan pihak GNA mengenai batas-batas laut dan kerja sama keamanan.

Di Libya, tentara Turki akan berhadapan dengan pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar yang didukung negara-negara Arab, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. (rmol/jpnn)

loading...